Kabid Pengawasan dan Promosi Disperindag Kukar, Mohammad Bustani
Ekonomi

Komitmen Pemkab Kukar Mendukung Produk Lokal

  • IBUKOTAKINI.COM - Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki Perbup bena dan beli produk lokal.
Ekonomi
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM -  Pemerinta Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berkomitmen mendukung pengembangan produk lokal. Hal ini dibuktikan dengan telah terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) nomor 74 tahun 2021 tentang "Bena dan Beli Produk Lokal Kutai Kartanegara". 

Perbup ini antara lain mewajibkan penggunaan produk lokal pada kegiatan belanja barang dan jasa pemerintah. 

Sebagai upaya menyebarluaskan peraturan itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) akan menggelar sosialisasi penggunaan produk dalam negeri. 

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan dan Promosi Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Mohammad Bustani mengatakan, pihaknya akan menggelar sosialisasi sekaligus promosi penggunaan produk lokal.

BACA JUGA:

"Dalam waktu dekat ini, kami merencakanan pelaksanaan  promosi penggunaan produk dalam negeri," ucap Kabid Pengawasan dan Promosi Disperindag Mohammad Bustani pada, Jumat (27/10/2023).

Kabid Pengawasan dan Promosi Disperindag Mohammad Bustani mengungkapkan, sejalan dengan Perbup Nomor 74 tahun 2021 tentang "Bena dan Beli Produk Lokal Kutai Kartanegara". Kegiatan tersebut akan berupa sosialisasi tentang pentingnya penggunaan produk dalam negeri.

Ia juga mengatakan, tujuan utama acara ini adalah untuk memperlihatkan bahwa Kabupaten Kukar, memiliki komitmen dalam mendukung produk-produk lokal.

"Tujuan acara ini, kita menunjukkan bahwa Kabupaten Kutai Kartanegara ini memiliki Perbup bena dan beli produk lokal," katanya.

BACA JUGA:

Dengan demikian, mereka ingin masyarakat setempat lebih aktif dalam membeli produk-produk dari daerahnya sendiri, dengan harapan akan meningkatkan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal.

"Karena kita ingin masyarakat, untuk beli produk sendiri untuk meningkatkan UMKM lokal,"

Selain itu, Bustami menegaskan, bahwa produk-produk lokal Kukar tidak kalah dalam kualitas dan variasi dengan produk dari luar daerah. Dengan mendorong pembelian produk lokal, mereka berharap dapat menggairahkan perekonomian masyarakat setempat.

"Produk kita tidak kalah, dari produk yang lain, semakin kita banyak membeli produk lokal, kita dapat memperlancar ekonomi masyarakat setempat," pungkasnya. (adv)