ilustrasi Kota Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Kota Balikpapan Masuk Nominasi Asian Tourism Awards Tahun 2024

  • BALIKPAPAN - Kota Balikpapan terpilih dalam nominasi Asian Tourism Awards Tahun 2024, dalam kategori Clean Tourism Awards. Terpilihnya Ko
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Kota Balikpapan terpilih dalam nominasi Asian Tourism Awards Tahun 2024, dalam kategori Clean Tourism Awards. Terpilihnya Kota Balikpapan, dikarenakan Balikpapan meraih penghargaan Adipura.

"Ini menjadi salah satu dokumen penilaian," ucap Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, dr Ratih Kusuma, pada Sabtu 23 Desember 2023.

Diketahui bersama bahwa Kota Balikpapan sudah beberapa kali meraih penghargaan tertinggi dalam program Adipura Kencana. Tak hanya itu, Kota Balikpapan juga mendapat penghargaan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) kategori Environmentally Sustainable Cities (ESC) tahun 2021.

Hal ini menjadi salah satu penilaian bahwa Kota Balikpapan mempunyai komitmen yang tinggi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Ratih mengatakan jika sudah menyampaikan semua dokumen yang diperlukan dan saat ini pihaknya menunggu informasi selanjutnya dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 

BACA JUGA:

ASEAN Tourism Award merupakan inisiasi dari negara anggota ASEAN yang diberikan sebagai bentuk apresiasi atas upaya yang dilakukan pelaku pariwisata, untuk menghadirkan destinasi wisata yang unggul dan berkualitas. 

Selain Kota Balikpapan, daerah yang masuk dalam tiga besar yakni Kota Surabaya dan Makasar.

Dengan Kota Balikpapan masuk nominasi ini, menandakan pariwisata Kota Balikpapan sudah dikenal ditingkat Asean atas kebersihan dan kesehatannya. Pasalnya, terpilihnya masuk nominasi karena melihat dari kebersihan destinasi wisata.

"Artinya mereka sudah melihat kondisi pariwisata khususnya destinasi wisata Kota Balikpapan yang sudah mengutamakan selain kesehatan, kebersihan lingkungan," ujarnya. (*)