KPU Balikpapan Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024
Politik

KPU Balikpapan Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024

  • BALIKPAPAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat
Politik
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat Kota Balikpapan, dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, pada hari Minggu, 3 Maret 2024.

Rapat pleno tingkat kabupaten kota terjadwal pada tanggal 3-5 Maret 2024, karena harus menunggu pleno di tingkat kecamatan tuntas semua. 

"Kita alokasikan waktu pada tanggal 3-5 Maret 2024. Mudah-mudahan nanti dua hari lah tanggal 3- 4 Maret 2024 sudah selesai. Mudah-mudahan  seperti itu, karena pengalaman-pengalaman yang terdahulu itu sehari semalam kita sudah tuntaskan," ungkap Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha kepada media pada Sabtu, 3 Maret 2024.

Sesuai dengan urutan pada rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kota. "Urutannya seperti itu," ujarnya.

Thoha mengatakan nanti yang dibacakan itu hasil D per kecamatan, tidak membaca hasil ditingkat TPS lagi. "Bukan lagi seperti itu," tandasnya.

Peserta dari rapat pleno ini dari KPU, Bawaslu, PPK dan saksi dari partai politik. Namun, untuk  pembukaan mengundang semua seluruh stakeholder. Namun, rapat pleno itu terbuka dan terbuka untuk umum. 

"Siapa saja boleh mengakses, siapa saja boleh melihat," terangnya.

BACA JUGA:

Perhitungan yang paling akhir pada Pemilu Tahun 2024 di Kecamatan Balikpapan  Utara dan Balikpapan Selatan, karena kedua kecamatan ini memiliki banyak TPS, hingga 400 lebih TPS. 

"Mestinya ini sudah mulai dipikirkan untuk dipecah supaya beban tidak terlalu tinggi," katanya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Setda Kota Balikpapan, Zulkipli berharap Rapat Pleno ini bisa berjalan dengan baik, semua pihak tentunya harus senantiasa menjunjung tinggi integritas, agar proses perhitungan dan hasil pemilu yang ditetapkan benar-benar mempresentasikan data yang sesungguhnya. 

Di sisi lainnya, seluruh peserta pemilu diharapkan bisa menyikapi hasil rapat pleno ini dengan bijaksana. Apabila kemudian terdapat hal-hal yang dianggap kurang sesuai, dapat diselesaikan melalui mekanisme dan aturan hukum yang berlaku.

Atas nama Pemerintah Kota Balikpapan, ia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada KPU dan Bawaslu Kota Balikpapan, beserta seluruh unsur terkait yang sudah  menyelenggarakan rangkaian Tahapan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden dan Pemilihan Legislatif, hingga hari ini bisa bersama-sama mengikuti Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara. 

"Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada jajaran TNI-Polri yang telah menjaga keamanan pelaksanaan pemilu, juga kepada masyarakat yang sudah berpartisipasi menggunakan hak pilihnya sebagai wujud kesadaran menjadi warga negara yang baik," tuturnya. (*)