Noor Thoha
Politik

KPU Balikpapan Sebut ODGJ Permanen Tidak Punya Hak Pilih

  • BALIKPAPAN - Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 kurang lebih satu bulan lagi, warga kota diharapkan bisa memberikan hak suaranya ke
Politik
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 kurang lebih satu bulan lagi, warga kota diharapkan bisa memberikan hak suaranya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah masing-masing. 

Hanya saja, tidak semua pemilih bisa memberikan hak pilih seperti halnya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), dalam kategori tertentu. Pasalnya ODGJ mempunyai beragam jenis atau kategori, sehingga tidak semua ODGJ bisa memilih.

"Mereka yang tidak boleh menggunakan hak pilih pada pemilu merupakan ODGJ permanen alias tingkat gangguan jiwa yang parah. Misalnya mereka tidak tahu nama sendiri, di mana alamat rumah, siapa keluarga, dan makan dan tidur di sembarang tempat. Itu yang tidak boleh,” jelas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Noor Thoha kepada media, Minggu 14 Januari 2024.

Gangguan jiwa terbagi dalam beberapa jenis mulai dari stres, bipolar, depresi, skizofrenia, demensia, dan sebagainya. Jenis gangguan jiwa lainnya masih bisa mendapatkan hak memilih. Terutama orang-orang yang hanya rawat jalan atau rehabilitasi.

Diketahui, pemilih ODGJ ini sudah mencuat sejak Pemilu 2019 lalu akan tetapi kembali ramai karena menjelang hari pemilihan di bulan februari mendatang. 

BACA JUGA:

Thoha mengatakan protes pernah dilayangkan sebelumnya oleh para ahli, ketika orang dengan gangguan jiwa tidak bisa menggunakan hak pilih, dikarenakan penyakit ini tidak bisa digeneralisasi sehingga pasalnya diubah.

Thoha memastikan ODGJ dalam pemilu di Kota Balikpapan tidak menjadi kendala. Apabila ODGJ dianggap sama rata, maka berpotensi banyak yang tidak bisa menggunakan hak pilih pada pemilihan umum. 

"Ada kategori yang boleh dan tidak bisa memilih untuk gangguan jiwa, melihat banyak varian dari gangguan jiwa," ungkapnya.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Balikpapan sudah aman untuk mengikuti pemilu. Saat ini, seluruh logistik sudah terkumpul di Gudang KPU yang berlokasi di Jalan Sumber Baru RT 54, Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara. "Insyaallah tidak ada kendala," pungkasnya. (***)