Krenova Ajang Lomba Kreativitas dan Inovasi bagi Generasi Balikpapan
Balikpapan

Krenova Ajang Lomba Kreativitas dan Inovasi bagi Generasi Balikpapan

  • Ajang kreativitas dan inovasi ini bukan bicara soal gagasan dan penemuan penemuan baru. Namun ada semangat baru dalam mencari solusi di tengah tantangan.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Untuk mendorong kreativitas dan inovasi bagi generasi muda Kota Balikpapan. Pemerintah Kota Balikpapan memberikan penghargaan di Ajang Krenova 2024. Krenova (Kreativitas dan Inovasi) diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kota Balikpapan.

Puluhan peserta mengikuti ajang ini dari tingkat pelajar, perguruan tinggi hingga Masyarakat umum. Penyerahan penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, H. Muhaimin mewakili Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud.

Penyerahan penghargaan sekaligus pameran karya pemenang Krenova berlangsung di Novotel Balikpapan pada Rabu 15 Mei 2024.

Sebelum penyerahan penghargaan, Sekda Balikpapan, Muhaimin mengapresiasi terhadap kegiatan Krenova 2024 yang menjadi pendorong kemajuan Kota Balikpapan.

“Mewakili Pemkot Balikpapan, selamat kepada peserta yang ikut berpartisipasi dalam lomba Krenova 2024,” ucapnya yang dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah perusahaan di Balikpapan.

BACA JUGA:

Dia menilai ajang kreativitas dan inovasi ini bukan bicara soal gagasan dan penemuan penemuan baru. Namun ada semangat baru dalam mencari solusi di tengah tantangan.

“Lomba krenova ini juga sejalan dengan visi Kota Balikpapan yakni meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing tinggi,” tambah Muhaimin.

Lomba Krenova diharapkan menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengapresiasikan kreativitas. sehingga mendorong individual dan kelompok untuk menciptakan ide baru dan solusi inovatif.

Muhaimin 

“Inovasi bukan hal yang datang begitu saja, tapi dari keberanian berpikir di luar batas untuk mencoba hal-hal baru. Meskipun resikonya besar dan untuk selalu belajar dari setiap kegagalan,” tandasnya.

Di akhir sambutan, pihaknya juga mengapresiasi para dewan juri dan pembimbing kepada para peserta. “Kami mengajak Masyarakat untuk membangun Kota Balikpapan agar nyaman di kota tercinta,” ajaknya.

Adapun kategori yang diperlombakan dari Krenova adalah tingkat pelajar SMA sederajat, Mahasiswa, dan akademisi serta OPD. 
Berikut Daftar Juara Krenova 2024 setiap kategori :
1. Lomba Kreativitas Inovasi (Krenova) Kategori Pelajar Tingkat SMA/SMK/MA se-Kota Balikpapan
Untuk juara pertama dimenangkan SMK NU Balikpapan (Inovasi: Automasi Pemantauan Dan Pengaktifan Peralatan Elektronik Di Sekolah (Studi Kasus di Ponpres Modern Al -Muttaaqien Balikpapan). 
Juara kedua SMK Negeri 6 Balikpapan (Inovasi: Pembuatan Bioethanol dari Limbah Kulit Nanas dengan Variasi Campuran Limbah Buah Jeruk dan Mangga dari Pasar Butun Balikpapan). Sedangkan juara ketiga SMA Negeri 2 Balikpapan (Inovasi: Smart Fish Pond Balikpapan)

2. Lomba Kreativitas Inovasi (Krenova) Kategori Mahasiswa se-Kota Balikpapan
Pemenang pertama diiraih Institut Teknologi Kalimantan dengan judul (Inovasi: BALIKPAPAN HEALTH CARE: Inovasi Peningkatan Kualitas Kesehatan Msyarakat Berbasis INTERNET OF THINGS (IoT) Untuk Membangun Kota Balikpapan Yang Kondusif, Sinergi Dan Berkelanjutan Dalam Bidang SMART CITY Serta Mewujudkan INDONESIA EMAS TAHUN 2045).
Pemenang kedua Politeknik Negeri Balikpapan (Inovasi: Implementasi Alat Pengusir Tikus, Burung dan Serangga Berbasis Suara Ultrasonik).
Pemenang ketiga Universitas Balikpapan (Inovasi: Pengembangan Game Edukasi Rasio Berbasis Construct 2 Pada Siswa Kelas VII SMP NEGERI 11 BALIKPAPAN Tahun Ajaran 2023/2024)

3. Lomba Kreativitas Inovasi (Krenova) Kategori Akademisi/Dosen/Guru se-Kota Balikpapan
Pemenang SMP Negeri 21 Balikpapan (Inovasi: Pengembangan Media Tanam Konaba Guna Optimalisasi Pertanian Di Wilayah Kariangau). Juara kedua diraih SD NEGERI 009 BALIKPAPAN TENGAH (Inovasi: Peningkatan Numerasi Bersama Misi (MISTAR NUMERASI)). Dan juara ketiga Universitas Balikpapan (Inovasi: Pengembangan Sistem Penjernihan Air dengan Metode Elektrokoagulasi dan Filtrasi Upflow System untuk SDN 008 Balikpapan Utara).

4. Lomba Kreativitas Inovasi (Krenova) Kategori Masayarakat Umum se-Kota Balikpapan
Juara 1: PT. Dompet Usaha Indonesia Teknologi (Inovasi: APM – Pengembangan SDM)
Juara 2: Juru Bahasa Isyarat Kota Balikpapan (Inovasi: Pengembangan Media Pembelajaran Flascard / Kartu Huruf Isyarat Hijaiyah Berbasis Digital Di Kota Balikpapan)
Juara 3: Bank Mangrove Indonesia (Inovasi: Platform Bank Mangrove Indonesia Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Hijau di Kota Balikpapan).

5. Lomba Kreativitas Inovasi (Krenova) Kategori OPD se-Kota Balikpapan
Inovatif pertama disematkan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Inovatif kedua Kecamatan Balikpapan Kota dan inovatif ketiga Puskesmas Gunung Bahagia.