Kepala KSOP Kelas I Balikpapan, M Takwim Masuku
Kabar Ibu Kota

KSOP: Trafik Kapal Diproyeksi Naik 50 Persen

  • IBUKOTAKINI.COM – Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan memproyeksikan trafik kapal akan meningkat lebih dari 50 persen menjel
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan memproyeksikan trafik kapal akan meningkat lebih dari 50 persen menjelang pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) ke Kalimantan Timur. 

Kepala KSOP Kelas I Balikpapan, M Takwim Masuku mengungkapkan saat ini pergerakan material konstruksi IKN sudah terlihat meningkat dan mulai jalan. 

“Trafik kapal akan meningkat lebih dari 50 persen. Sehingga memang kesiapan di kemaritiman sangat luar biasa karena logistik akan melalui laut,” kata Takwim Masuku ketika acara Silaturahmi Forum Komunikasi Maritim, di Mako Angkatan Laut Balikpapan, Rabu (6/7/2022). 

Melihat adanya lonjakan, KSOP mempersiapkan titik lokasi distribusi logistic. Lanjut Takwim, hal ini sudah dikoordinasikan yang mana dalam proses perizinan. 

“Mudah-mudahan ini menjadi awal kelancaran distribusi logistik,” ujarnya. 

Ia menyebut melalui forum komunikasi maritime akan lebih kuat untuk berkoordinasi dalam rangka mempersiapkan seluruh potensi yang ada di teluk Balikpapan menunjang IKN.

“Baik dari sisi pelayarannya maupun pengamanan,” ujarnya. 

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Balikpapan, Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz mengungkapkan komunikasi yang dilakukan sangat penting. Karena terlihat trafik bongkar muat juga mengalami peningkatan. 

“Intinya kita harus bergerak lebih cepat untuk mempersiapkan IKN,” imbuhnya.