Kunker Pj Bupati Belitung ke Balikpapan: Harapan Sinergi dan Kolaborasi
Balikpapan

Kunker Pj Bupati Belitung ke Balikpapan: Harapan Sinergi dan Kolaborasi

  • Baik Kota Balikpapan maupun Kabupaten Belitung memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Penjabat Bupati Belitung, Yuspian, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Balikpapan untuk menjalin silaturahmi dan mempelajari berbagai potensi daerah, khususnya dalam bidang ekonomi kreatif dan pengembangan produk unggulan daerah. Kunjungan ini diharapkan dapat membuka peluang sinergi dan kolaborasi antar kedua daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi bersama.

Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas'ud, menyambut baik kunker Pj Bupati Belitung dan berharap momen ini dapat menjadi awal dari kerjasama yang saling menguntungkan. "Setiap daerah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan saling bersinergi, kita bisa saling mengisi dan belajar dari satu sama lain," jelas beliau dalam sambutannya di Ruang Rapat I Balai Kota, pada Selasa, 23 April 2024.

Baik Kota Balikpapan maupun Kabupaten Belitung memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kedua daerah ini juga memiliki target yang sama untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pengembangan sektor-sektor unggulan tersebut.

Wali Kota Balikpapan juga menekankan pentingnya keamanan dan kenyamanan sebagai modal utama untuk menarik investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. "Kota yang aman dan nyaman akan menjadi daya tarik bagi wisatawan dan investor," ujarnya.

BACA JUGA:

Sementara itu, Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Balikpapan, Zulkipli, menjelaskan bahwa kunker Pj Bupati Belitung ini bertujuan untuk mempelajari berbagai program dan kebijakan yang telah diterapkan di Kota Balikpapan, khususnya terkait penanganan inflasi daerah dan pengembangan pariwisata.

"Kami juga ingin belajar dari Belitung dalam hal pengelolaan wisata pantai. Pantainya di sana bagus dan bersih," ungkap Zulkipli.

Sementara itu, Penjabat Bupati Belitung, Yuspian, mengharapkan kunjungan kerja dapat menghasilkan berbagai kerjasama konkret antar kedua daerah. Seperti pertukaran informasi dan best practices, pengembangan paket wisata bersama, dan promosi produk unggulan daerah secara kolaboratif. 

“Sinergi dan kolaborasi antar daerah menjadi kunci penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kedua wilayah,” imbuhnya. (ADV/DISKOMINFO Balikpapan)