Kurangi Volume Sampah, Kelurahan Melayu Berencana Pengadaan Bank Sampah  (Foto: Istimewa)
Kabar Ibu Kota

Kurangi Volume Sampah, Kelurahan Melayu Berencana Pengadaan Bank Sampah

  • IBUKOTAKINI.COM - Upaya mengurangi sampah dan meningkatkan perekonomian masyarakat hasil penjualan sampah rumah tangga yang telah dikel
Kabar Ibu Kota
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM - Upaya mengurangi sampah dan meningkatkan perekonomian masyarakat hasil penjualan sampah rumah tangga yang telah dikelola, terus dilakukan Kelurahan Melayu, Kabupaten Kutai Kartanegara dengan mencanangkan Bank Sampah di tahun 2024. 

Hal ini ini upaya Kelurahan Melayu dalam berpartisipasi menjaga kebersihan, serta meningkatkan roda ekonomi melalui pengelolaan sampah.

Lurah Melayu Aditiya Rakhman menuturkan, kendala yang dihadapi saat ini ialah, belum adanya bangunan untuk bank sampah. Pihak Kelurahan Melayu, saat ini tengah mencari wadah yang mumpuni guna mengelola sampah secara optimal.

“Tahun 2024 mau dioptimalkan pengolahannya, mulai dari pemanfaatan sampahnya bukan hanya menjual. Kalau bisa ada mesin presnya, pengolahan komposnya,“ tutur Lurah Melayu pada awak media, pada Jumat 20 Oktober 2023.

BACA JUGA:

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa kaitannya dengan pengolahan sampah harus dibina lebih lanjut di seluruh lingkungan RT.

“Belum semua RT ada bank sampah, karena terkait wilayah dan kondisi warga,” ungkapnya.

Lebih lanjut Lurah Melayu menyatakan, untuk saat ini bank sampah yang tersedia di Kelurahan Melayu sudah cukup tersebar di beberapa titik.

“Bank sampah itu berada di RT 47, 38, 42, dan 34,” sebutnya.

Aditiya Rakhman menambahkan akan melakukan sosialisasi lanjutan secara intens terhadap RT di Kelurahan Melayu perihal pengadaan bank sampah ini.

“Kami sudah sampaikan ke semua RT yang ada dan akan terus melakukan sosialisasi lagi,” tutupnya. (Adv)