Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kutai Timur Dr Moh Jauhar Efendi pada penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) Barang Milik Negara (BMN) dari Kementerian ESD
Kabar Ibu Kota

Kutim Dapat Bantuan 300 Unit PJU-TS

  • Kementerian ESDM Menyerahkan PJUTS

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Sedikitnya 8 desa Kabupaten Kutai Timur memperoleh bantuan 300 unit Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS). Bantuan tersebut merupakan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi (Ditjen EBTKE). 

Hibah diterima secara simbolis oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kutai Timur Dr Moh Jauhar Efendi pada penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) Barang Milik Negara (BMN) dari Kementerian ESDM yang dibuka oleh Irjen Kementerian ESDM Prof Akhmad Syahroza di Rama Shinta Garden Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Jum'at (9/10/2020).

Moh Jauhar Efendi menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat kepada Kabupaten Kutai Timur terutama dalam pemenuhan kebutuhan energi untuk penerangan bagi masyarakat di desa-desa.

"Semoga program ini terus berlanjut, karena memang dengan wilayah yang luas dan kondisi geografisnya, desa-desa di Kutai Timur pastinya lebih membutuhkan banyak penerangan. Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kutai Timur, saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan Kementerian ESDM," ucap Jauhar.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim ini menjelaskan hibah BMN berupa PJU-TS sebanyak 300 unit senilai hampir Rp5 miliar atau tepatnya Rp4.981.724.638. Dengan distribusi untuk empat kecamatan, yakni Kecamatan Sangkulirang 62 unit, Kecamatan Kaubun (118 unit), Kecamatan Rantau Pulung (60 unit) dan Kecamatan Karangan (60 unit).

"Untuk Kaltim, selain Kutai Timur, yang menerima BMN adalah Kutai Barat dan Berau. Sedangkan untuk Indonesia, hanya 33 kabupaten dari empat provinsi yang menerimanya," imbuh Jauhar.