LCT Hamota kandas di Pantai Kilang Mandiri Pertamina.
Balikpapan

Landing Craft Tank Kandas di Pantai Kilang Balikpapan, Jadi Perdebatan di Media Sosial

  • Belum ada pernyataan resmi dari otoritas pelabuhan maupun pemilik kapal.
Balikpapan
Hadi Zairin

Hadi Zairin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Sebuah kapal landing craft tank (LCT) bernama Hamota kandas di Pantai Kilang Mandiri, Balikpapan, yang memicu perdebatan di media sosial. 

Kapal ini diketahui melayani pekerjaan kilang Offshore dan mengalami insiden yang menyebabkan kandasnya kapal tersebut di pesisir.

Insiden ini menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Beberapa pengguna media sosial berusaha memberikan klarifikasi terkait alasan kapal tersebut dikandaskan. 

Salah satunya, pengguna Instagram akun @Eva*** menyatakan bahwa keputusan untuk mengkandaskan kapal dilakukan sebagai upaya penyelamatan. 

"LCT Hamota sengaja dikandaskan ya untuk upaya penyelamatan, dikarenakan kapal mengalami miring kiri yang disebabkan faktor alam. Jarum brush lasingan tidak mampu menahan pergerakan muatan saat dihantam ombak. Lebih bijak menggunakan sosial media ya, terima kasih," tulisnya, Minggu (15/9/2024).

Kejadian ini juga mendapat tanggapan dari pengguna lain, @ms_basa***, yang menjelaskan bahwa kapal tersebut dikandaskan oleh nakhoda akibat ombak besar dan angin kencang yang mengakibatkan pergeseran muatan kapal, sehingga kapal oleng ke kiri.

Pengguna lainnya, ansar_rola, memberikan klarifikasi tambahan, menjelaskan kronologi lebih rinci terkait kondisi kapal. 

“Kapal dalam keadaan berlayar, dalam pelayarannya kapal dihajar ombak dari samping sehingga muatan mengalami pergeseran dan lasingan/safety-nya tidak mampu menahan beban.”

" Akibatnya, lasingan putus dan muatan menumpuk di sisi kiri sehingga kapal miring. Crew berencana untuk memutar haluan kembali ke Teluk Balikpapan, namun keadaan tidak memungkinkan sehingga memutuskan untuk mengkandaskan kapal di pesisir pantai," jelasnya.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait mengenai insiden ini, namun berbagai spekulasi dan klarifikasi terus bermunculan di media sosial. 

Kapal LCT Hamota tetap berada di lokasi kandas di Pantai Kilang Mandiri, sambil menunggu proses evakuasi lebih lanjut. 

Asal tahu saja, Pantai Kilang Mandiri Pertamina merupakan salah satu lokasi wisata yang banyak dikunjungi warga. Karena itu, insiden kandasnya LCT Hamota sempat menjadi tontonan pengunjung lokasi wisata itu.***