Lepas Jamaah Haji Balikpapan, Wali Kota Pesan Jaga Kesehatan
Balikpapan

Lepas Jamaah Haji Balikpapan, Wali Kota Pesan Jaga Kesehatan

  • Jamaah haji Kota Balikpapan yang akan berangkat pada kloter pertama dari tanggal 14 Mei - 25 Juni 2024.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Sebanyak 319 jamaah haji Kota Balikpapan akan memasuki asrama Embarkasi Haji Balikpapan, untuk diberangkat ke tanah suci Mekkah, pada Selasa, 14 Mei 2024. Pelepasan jamaah haji ke asrama dilakukan oleh Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud, di Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center, pada Senin, 13 Mei 2024.

Wali Kota berpesan kepada para jamaah haji Kota Balikpapan, yang mana nantinya keberangkatan akan dilepas oleh PJ Gubernur Kaltim, Akmal Malik untuk menjaga kesehatan. 

"Semua jamaah berangkat dalam keadaan sehat walafiat dan juga kembali dalam keadaan sehat serta menjadi haji yang mabrur," harapnya.

Rahmad juga berpesan untuk saling tolong menolong dan saling mengingatkan antar jamaah haji satu sama lain. Meskipun, jamaah haji tidak bersaudara dan tidak satu suku. 

"Kita bersaudara sebagai warga negara indonesia yang akan melaksanakan panggilan Allah SWT di Baitullah, tentunya kita semua saling tolong menolong dan saling mengingatkan," jelasnya.

Perlu juga diingat, saat berada di tanah suci Mekkah untuk tidak berbicara sembarangan, melainkan perbanyak istighfar. 

BACA JUGA:

"Kita sebagai manusia tidak luput dari khilaf baik sengaja atau tidak sengaja," ungkapnya.

Para jamaah haji dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan ini, karena tidak semua warga Kota Balikpapan bisa menjalankan ibadah haji. Belum tentu tahun depan bisa menjalankan ibadah haji. Manfaatkan dengan sebaiknya dengan perbanyak doa. 

"Jangan lupa doakan bangsa kita, karena kalau bangsa kita tidak makmur dan aman, maka keberangkatan haji pasti tidak akan ada seperti yang ada di Gaza, Ukraina kalau bangsa kita aman tentunya Kota Balikpapan akan aman. Doakan diri kita, keluarga, saudara dan bangsa," terangnya.

Jamaah Haji Balikpapan

Rahmad juga akan berangkat menjalankan ibadah haji pada tanggal 9 Juni 2024 dan kesempatan ini untuk memastikan jamaah haji Kota Balikpapan dalam keadaan baik. 

"Jaga kesehatan. Perbanyak minum air putih, karena cuaca disana lebih panas dari Balikpapan," ucapnya.

Kepala Kementrian Agama Kota Balikpapan, H. Masrivani mengatakan sebanyak 507 jamaah haji Kota Balikpapan akan berangkat pada tahun ini, sehingga tersisa jamaah haji Kota Balikpapan berjumlah 17 ribu lebih. 

"Masa tunggu hingga 2058, dengan adanya penambahan kuota dari pemerintah Arab Saudi yang biasa 221 ribu jamaah, tahun ini memberangkatkan 241 ribu jamaah. Alhamdulillah yang awalnya masa tunggu 35 tahun jadi menurun 34 tahun," jelasnya.

Jamaah haji Kota Balikpapan yang akan berangkat pada kloter pertama dari tanggal 14 Mei - 25 Juni 2024. Untuk kloter 14 berjumlah 171 jamaah haji, yang akan berangkat pada tanggal 2 Juni 2024 dan kloter 18 berjumlah 63 jamaah haji akan berangkat pada tanggal 8 Juni 2024. ***