Lepas Jamaah Haji, Pj Gubernur Kaltim Pesan Petugas Pendamping Awasi Lansia
Tren

Lepas Jamaah Haji, Pj Gubernur Kaltim Pesan Petugas Pendamping Awasi Lansia

  • Tahun 2024 calon jemaah haji berangkat melalui Embarkasi Haji sebanyak 5.936 jemaah dan petugas berjumlah 94 orang dengan pemberangkatan dalam 19 kloter.
Tren
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Akmal Malik berpesan kepada petugas pendamping haji, agar lebih mengawasi para jamaah haji yang berusia lansia.

"Jaga jamaah yang berusia di atas 60 tahun. Ada 30 persen dari 300 jemaah, kurang lebih 100 lansia. Saya minta kepada petugas, tolong dijaga betul dan diingatkan, karena cuaca di sana lumayan panas. Jadi dibekali air minum yang banyak," ucapnya saat melepas jamaah haji di Asrama Embarkasi Haji Balikpapan, pada Selasa, 14 Mei 2024.

Di samping itu juga, Akmal mengawasi para calon jemaah untuk membatasi pergerakan, karena ada juga jemaah haji sampai berpuluh-puluh kali mengikuti umroh, sesuai dengan kekuatan masing-masing.

Kesempatan ini juga sebagai sarana untuk mempromosikan produk Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga Pemerintah Provinsi Kaltim membekali jemaah haji Kaltim dengan produk khas UMKM Kaltim seperti abon dan ikan pipih.

"Jemaah haji Kaltim bisa menjadi duta UMKM Kaltim. Kami minta tolong promosikan hal hal yang baik. Saya minta juga jaga nama baik daerah dan negara," pintanya.

BACA JUGA:

Tak lupa, Akmal meminta kepada jemaah haji untuk bisa mendoakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), agar berjalan dengan baik. 

"Doakan pembangunan IKN dapat berjalan dengan baik, agar IKN menjadi berkah bagi Kaltim dan Indonesia kedepan," jelasnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim, H. Mohlis menyampaikan tahun 2024 calon jemaah haji berangkat melalui Embarkasi Haji sebanyak 5.936 jemaah dan petugas berjumlah 94 orang dengan pemberangkatan dalam 19 kloter.

Dari 5.936 jemaah terbagi dari jemaah Sulawesi Utara sebanyak 715 jemaah; Sulawesi Tengah berjumlah 2.062 jemaah; Kaltim berjumlah 2.723 jemaah dan Kalimantan Utara berjumlah 436 jemaah. 

"Pelayanan jemaah haji pada tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Haji berkeadilan dan ramah lansia yang menjadi tema dalam tahun ini," ujarnya. ***