Wujudkan target rehabilitasi mangrove dan menyiapkan keberlangsungan pengelolaan ekosistem mangrove dalam rangka melaksanakan percepatan rehabilitasi mangrove, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder terkait.
Kabar Ibu Kota

Lewat Program IMPACT, BRGM dan PT. Indika Energy Tbk Jalin Kerja Sama Percepat Rehabilitasi Mangrove

  • IBUKOTAKINI.COM - Wujudkan target rehabilitasi mangrove dan menyiapkan keberlangsungan pengelolaan ekosistem mangrove dalam rangka melaksanakan perc
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Wujudkan target rehabilitasi mangrove dan menyiapkan keberlangsungan pengelolaan ekosistem mangrove dalam rangka melaksanakan percepatan rehabilitasi mangrove, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder terkait.

Mulai dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, mitra pembangunan, perguruan tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), swasta, dan masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara BRGM dan PT. Indika Energy Tbk tentang Dukungan Pelaksanaan Percepatan Rehabilitasi Mangrove, yang dilaksanakan di Kantor Bupati Paser, Rabu (15/3/2023) lalu.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani langsung oleh Sekretaris BRGM Ayu Dewi Utari, dan Vice President & CEO Group PT. Indika Energy Tbk, Aziz Armand.

“Indika Energy melalui program IMPACT (Indika Energy Mangrove Program in Action) ingin berpartisipasi aktif dalam keberlanjutan rehabilitasi mangrove. Tidak hanya memberikan solusi dalam menangani masalah lingkungan hidup, namun terintegrasi menjadi bagian dalam pengembangan masyarakat di kawasan mangrove,” ujar Aziz melalui siaran pers yang diterima ibukotakini.com, Jumat (17/3/2023).

BACA JUGA:

Adapun, perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas, peran dan juga tanggung jawab stakeholder terlibat, khususnya antara BRGM dan PT. Indika Energy Tbk.

Hal tersebut diwujudkan melalui pemanfaatan potensi, teknologi dan fasilitas dalam pelaksanaan percepatan rehabilitasi mangrove.

Dalam pelaksanaannya, BRGM dan PT. Indika Energy Tbk akan melaksanakan rehabilitasi mangrove di lahan seluas 250 Hektar (Ha) yang tersebar di 4 desa, yakni Desa Sungai Langir, Desa Lori, Desa Tajur, dan Desa Pasir Mayang, Kabupaten Paser hingga 31 Desember 2024 mendatang.

Kerja sama ini juga akan diwujudkan dengan melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan melalui penguatan kelembagaan, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia agar mangrove yang ditanam tetap hidup berkelanjutan.

Bupati Paser, Fahmi Fadli menyambut baik kerja sama yang dilakukan  tersebut. Mengingat, implementasi kerja sama tersebut dilakukan di wilayah Kabupaten Paser.

"Semoga dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama antara BRGM dengan PT. Indika Energy Tbk. ini akan meningkatkan sinergitas dan koordinasi kita dalam upaya pelestarian lingkungan,” ucapnya dalam kesempatan yang sama.

Di sisi lain, Ayu Dewi Utari juga menyampaikan rasa terima kasih pihaknya atas dukungan PT. Indika Energy Tbk. yang telah berkomitmen untuk terus membantu pengembangan pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia.

“Kami berharap, kegiatan kerjasama ini tidak hanya berhenti hingga tahun 2024, tetapi secara berkelanjutan,” harapnya.

Sementara itu, Ayu juga berharap kepada pemerintah daerah setempat, yakni Pemkab Paser untuk terus mendukung pelaksanaan program kerja sama ini. Apalagi, perannya sebagai penggerak masyarakat.

"Untuk saling menjaga dan merawat mangrove, sehingga nantinya hutan mangrove ini dapat dikelola oleh masyarakat dan bernilai ekonomi tinggi," tutupnya.