Pengunjung melintas di jalur khusus berupa jembatan kayu yang tersedia di antara kandang rusa.
Komunitas Kita

Libur Panjang, Warga Balikpapan Wisata ke Penangkaran Rusa Penajam

  • IBUKOTAKINI.COM - Wisata Penangkaran rusa di Kecamatan Waru berjarak sekitar 32 kilometer dari pelabuhan Ferry Penajam. Akses yang mudah membuat wisata alam ini menjadi salah satu tujuan utama masyarakat.
Komunitas Kita
Bambang Susilo

Bambang Susilo

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Libur panjang Iduladha dan cuti bersama dimanfaatkan warga Balikpapan mengunjungi tempat-tempat wisata. Salah satu lokasi wisata yang menjadi tujuan pada libur kali ini adalah penangkaran rusa di Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Wisata Penangkaran rusa di Kecamatan Waru berjarak sekitar 32 kilometer dari pelabuhan Ferry Penajam. Akses yang mudah membuat wisata alam ini menjadi salah satu tujuan utama masyarakat. 

“Saya baru pertama ke sini, ternyata jaraknya lumayan jauh,” kata Rahma, remaja asal Balikpapan yang datang bersama teman-temannya. Dengan mengendarai sepeda motor, Rahma butuh waktu sekitar 2 jam untuk tiba di lokasi. “Satu setengah jam habis di kapal ferry,” katanya. 

Remaja 17 tahun ini mengaku cukup senang bisa berkunjung ke penangkaran rusa. Hal senada diungkapkan Vira, warga Balikpapan lainnya. “Mungkin waktu kedatangan kami kurang pas. Hampir jam 12, jadi banyak rusanya yang diam berteduh,” kata dia. Jembatan kayu yang berada di tengah-tengah kandang rusa menjadi sasaran pengunjung untuk mengambil foto. 

“Tapi sayangnya, ada jalur jembatan kayu yang ditutup, jadi rutenya sebentar saja,” ucap Vira lagi. Tempat wisata ini memiliki dua gazebo, tempat ibadah musala dan parkir cukup luas. Tidak ada tarif kunjungan ke penangkaran rusa.

BACA JUGA:

Bagi warga Balikpapan yang ingin menyaksikan rusa ada tiga jalur yang kini tersedia. Pertama melalui jalan darat ke km 38 samboja, menuju arah Ibu Kota Nusantara. Kedua melalui kapal ferry dengan ongkos penyeberangan mulai Rp65 ribu (sepeda motor). Dan kapal kelotok dari kampung baru dengan tarif mulai Rp35 ribu (sepeda motor plus penumpang).    

Penangkaran rusa Penajam berada di areal Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) pembibitan ternak dan hijauan pakan ternak Desa Apiapi, Kecamatan Waru. Penangkaran rusa ini dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Pembibitan dan Balai Inseminasi Buatan (UPTD BPIB) Dinas Peternakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Penangkaran rusa dibangun pada 1991 atas inisiatif Gubernur Kalimantan Timur pada masa tersebut, H.M Ardans, karena perihatin dengan perburuan rusa di alam bebas.

Awalnya penangkaran rusa dibangun dengan 23 ekor rusa yang diambil dari alam bebas. Kini penangkaran rusa Penajam menjadi tempat tinggal bagi ratusan ekor rusa jenis Rusa Sambar (Cervus Unicolor Brokei). Penangkaran rusa Penajam memilki luas 50 hektar dan berada pada ketinggian 5 hingga 80 meter di atas permukaan laut. ***