Juara pertama lomba TTG Kota Balikpapan Tahun 2024
Daerah

Lomba TTG Dorong Kreativitas dan Pemanfaatan Teknologi

  • BALIKPAPAN - Usai tiga hari digelar lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) secara resmi ditutup. Penutupan Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Kota Balikpapan, Andi Muhammad Yusri Ramli di Auditorium Pentacity Balikpapan pada Jumat 8 Maret 2024.
Daerah
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Usai tiga hari digelar lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) secara resmi ditutup. Penutupan Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Kota Balikpapan, Andi Muhammad Yusri Ramli di Auditorium Pentacity Balikpapan pada Jumat 8 Maret 2024.

Penutupan diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba TTG yang nantinya menjadi perwakilan Balikpapan ke tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Hadiah berupa piala dan uang pembinaan.

Produk kompor oli bekas karya Antonius Luhur Budi dari Kecamatan Balikpapan Kota kategori unggulan TTG menjadi juara. Rahmadani dari kategori inovasi dengan levelling autmatic control dari Kecamatan Balikpapan Kota. Sedangkan untuk kategori posyantek perwakilan dari Posyantek Gunung Samarinda Baru.

Asisten II, Andi Yusri Ramli mengatakan sudah saatnya mulai membangun kemandirian dan kedaulatan di bidang inovasi teknologi. Dan juga bernilai ekonomis.

BACA JUGA:

“Kita harapkan dari inovasi-inovasi ini kedepannya bisa terus dikembangkan sehingga tidak tertutup kemungkinan bisa menjadi industri yang perspektif. Inovasi teknologi yang kedepannya akan menjadi industri yang sangat besar dan masif dalam skala global,” ucapnya membacakan sambutan wali kota.

Kegiatan ini diharapkan juga mendorong kreativitas dan pemanfaatan teknologi semacam ini dapat dilaksanakan secara rutin di Kota Balikpapan sehingga masyarakat memiliki antusias dalam menggali potensi dirinya guna menghasilkan inovasi yang berkualitas.

“Terlebih lagi dengan menjadi Ibu Kota Nusantara. Informasi saat ini dapat diakses semakin mudah dan berbagai perkembangan teknologi dunia juga dapat diikuti dan dipelajari sebagai sumber referensi,” tutur Andi Muhammad Yusri Ramli.

Di kesempatan yang sama, Kepala DP3AKB Kota Balikpapan Alwiati mengungkapkan banyak sekali peserta dari perwakilan pelajar dan mahasiswa mengikuti ajang tersebut sehingga membangkitkan kreativitas dan menghasilkan produk yang tidak kalah bersaing.

“Mudah-mudahan apa yang dihasilkan oleh anak-anak kita bisa mewakili Kota Balikpapan untuk kedepannya. Kreativitas dan inovasi mereka juga untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” terang Alwiati.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada para juri yang menilai seluruh produk peserta, dan mengapresiasi kreativitas para inovator dalam gelar dan lomba TTG Kota Balikpapan.

“Perwakilan Kota Balikpapan siap bersaing mengikuti ajang lomba TTG tingkat Provinsi Kaltim dan optimis hingga sampai level nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Dewan juri terdiri dari Wakil Ketua Posyantek Provinsi Kaltim, DLH, DKUMKMP, Diskominfo, akademisi Uniba, ITK dan STT Migas. (*)