‘Mabalu’ Berada di Jalur Perdagangan Segitiga Emas ALKI II
Kabar Ibu Kota

‘Mabalu’ Berada di Jalur Perdagangan Segitiga Emas ALKI II

  • IBUKOTAKINI..COM – Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud S.E., M.E., menyatakan bahwa Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II memiliki potensi yang besar.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud S.E., M.E., menyatakan bahwa Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II memiliki potensi yang besar. Di mana jalur perdagangan ini berada di lokasi yang sangat strategis. Karena dapat menjadi inisiasi ‘Mabalu’ yaitu Mamuju Balikpapan dan Palu. Ini merupakan jalur perdagangan segitiga emas.  

“Yang mana hampir semua komoditas kita 90 persen melalui laut. Sehingga peran dalam sektor perairan sangat penting bagi kemajuan suatu daerah,” ungkapnya dalam sambutan Pembukaan ALKI II Zone Investment Forum 2023 di Grand Jatra Balikpapan pada Rabu 25 Oktober 2023.

Wali Kota menuturkan terpilihnya Kalimantan Timur sebagai lokasi Ibu Kota Nusantara 9IKN), merupakan keputusan strategis karena lokasinya yang berdampingan dengan Selat Makassar, dan ALKI II yang telah ditetapkan.

"Kami percaya bahwa kolaborasi antara wilayah-wilayah di ALKI II sangat penting untuk memanfaatkan pembangunan lintas provinsi," tandasnya.

Bahkan IKN menjadi koridor bisnis yang menarik bagi kegiatan ekonomi dan investasi.

BACA JUGA:

"Serta mengintegrasikan usaha kolaboratif yang memanfaatkan potensi daerah masing-masing," jelasnya.

Seminar yang dibuka dengan penekanan tombol oleh Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik bersama Wali Kota Balikpapan tersebut. Menghadirkan berbagai narasumber. Yaitu: Staf Ahli Kementerian Perekonomian; Konsulat Jenderal Australia; Otorita IKN dan Indonesian National Shipowners Association (INSA).  

Konsulat Jenderal Australia dan Korea Selatan yang hadir ini akan memaparkan potensi ALKI II dari perspektif masing-masing.

Australia merupakan negara paling ujung dari ALKI II. Australia dan negara di bagian utara adalah Vietnam, Korea, Jepang. Apalagi Australia dilirik pemerintah untuk pengembangan IKN. Sedangkan narasumber Otorita IKN menjelaskan potensi investasi di IKN dan NSA sebagai praktisi menjelaskan tantangannya dalam melakukan kegiatan usaha di ALKI II. Serta, Kemenko Perekonomian akan memaparkan kebijakan investasi di ALKI II. (*)