Malam Ta’aruf MTQ ke-44 Tingkat Provinsi Kaltim, Wali Kota Balikpapan Terima Bendera LPTQ sebagai tuan rumah Penyelenggara MTQ ke44 Tingkat Kaltim, di Senin (15/5/2023) malam
Kabar Ibu Kota

Malam Ta’aruf MTQ ke-44 Tingkat Provinsi Kaltim, 120 Dewan Hakim dan Panitera Dilantik

  • IBUKOTAKINI.COM – Gelaran rangkaian Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sedang berlangsung. Kafilah-kafilah
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Gelaran rangkaian Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sedang berlangsung. Kafilah-kafilah asal kabupaten/kota yang ada di Kaltim telah tiba di Kota Balikpapan sejak Minggu (14/5/2023) kemarin.

Rangkaian kegiatan MTQ juga mulai dilaksanakan Senin (15/5/2023) yaitu Pawai Taaruf dan Malam Taaruf yang dilaksanakan dengan melantik Dewan Hakim serta Panitera MTQ.

Pada Malam Ta’aruf, secara simbolis Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud selaku Ketua LPTQ menerima bendera sebagai tuan rumah penyelenggara MTQ Ke-44 Tingkat Provinsi Kaltim. Bendera diserahkan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Kaltim HM Syirajudin di Balikpapan Sport and Convention Center atau Dome Balikpapan pada Senin malam, 15 Mei 2023. 

Wali Kota mengucapkan selamat datang kepada peserta MTQ dan berharap pelaksanaan MTQ tahun ini sebagai MTQ tingkat Provinsi Kaltim terbaik yang pernah diselenggarakan.

“Kita tingkatkan rasa persaudaraan, juga kekompakan sebagai sesama warga Provinsi Kaltim yang telah menjadi Ibu Kota Negara (IKN),” ungkapnya dalam sambutan selamat datang sebagai tuan rumah MTQ Tingkat Kaltim.

BACA JUGA:

Ia pun menyampaikan rasa bahagianya bahwa dalam periodenya sebagai Kepala Daerah, Kota Balikpapan berkesempatan menjadi tuan rumah MTQ ke-44 tingkat Provinsi Kaltim.

“Kami harapnya seluruh tamu dan peserta MTQ mendapatkan pelayanan dan kesan yang baik selama berada di Balikpapan. Silahkan mengeksplore Kota Balikpapan, melihat kemajuannya, berbelanja dan berwisata,” tutur Rahmad Mas’ud. Sehingga bisa ikut bangga terhadap Kota Balikpapan, sebagai bagian dari Provinsi Kaltim.

Malam Ta’aruf MTQ ke-44 Tingkat Provinsi Kaltim, 120 Dewan Hakim dan Panitera Dilantik

Wali Kota berkomitmen untuk membangun Balikpapan sebagai kota yang representatif dalam upaya menarik kunjungan wisata dan iklim investasi yang cerah.

“Sehingga dapat memberikan dampak, bagi tumbuhnya perekonomian seluruh daerah di Provinsi Kaltim,” ujarnya.

Usai sambutan kegiatan Malam Ta’aruf digelar Pelantikan 120 Dewan Hakim dan Panitera MTQ ke 44. Adapun 120 Dewan Hakim dan Panitera tersebut, terdiri dari Ketua, Agusty Samad; Sekretaris Pengawas, Nabhan; Anggota Pengawas; Koordinator Pimpinan Hakim, Fahmi Rasyad; Wakil Koordinator Pimpinan Hakim, M. Rasyid; Sekretaris Koordinator Pimpinan Hakim, Sidik Amrillah; Wakil Sekretaris Koordinator Pimpinan Hakim, Abdul Wahab.

Serta terdapat gabungan dari 13 Hakim Cabang Tilawah Golongan Anak-anak, Remaja dan Dewasa. Kemudian 12 Hakim Cabang Tilawah Qira'at, Muajwat, Mirattal Remaja, Dewasa dan Canet; lalu terdapat 9 Hakim Tilawah Golongan Tartil 1 Juz dan 5 Juz Tilawah. 

Selain itu, terdapat 10 Hakim Tahfidz Golongan 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz; 11 Hakim Cabang Tafsir Bahasa Arab, Indonesia dan Inggris; 24 Hakim Cabang Musabaqoh Fahmil Qur'an dan 12 Hakim Cabang Musabaqoh Al-Hadits.

"Diharapkan para Dewan Hakim dapat bekerja, dengan menjalankan tugas dengan baik," tutur Syirajudin.

"Selain dengan keterampilan, diharapakan Dewan Hakim dapat bersikap serta bertindak, dengan memutuskan hasil dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi ini secara adil," sambung dia. 

Di akhir Malam Ta’aruf ini ditutup dengan Haflah Qur’an dan Pelantunan Shalawat oleh Qori-qoriah Nasional dan Internasional. 

Di antaranya Prof Dr. KH Said Aqil Husin al Munawwar, MA Menteri Agama 2001 hingga 2004, Drs. KH. Muhammad Ali, Hj. Asrina Asril Buyung, S.HI, Dr. H. Muhammad Ramli Massenge, MA, Hj. Siti Munawwarah, M. Si,  dan Ustadz Ir. H. Khairi Lubis.  ###