Manfaatkan Sidak, Pedagang Sempat Keluhkan Kondisi Penjualan Pasar Pandansari Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Manfaatkan Sidak, Pedagang Sempat Keluhkan Kondisi Penjualan Pasar Pandansari Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM - Seorang pedagang tampak mengeluhkan kondisi penjualan bahan pangan yang dijajakan di kiosnya.Momentum ini terjadi ketika sej
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Seorang pedagang tampak mengeluhkan kondisi penjualan bahan pangan yang dijajakan di kiosnya.

Momentum ini terjadi ketika sejumlah jajaran Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) tengah melakukan inspeksi mendadak (sidak) berkaitan dengan ketersediaan pangan di Pasar Pandansari.

“Penjualan kami turun. Tidak ada pembeli yang masuk ke dalam pasar (gedung pasar),” ucap seorang pedagang dengan cukup lantang, yang bertujuan agar menarik perhatian Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin yang memimpin sidak, Kamis (6/4/2023).

“Pembeli memilih berbelanja dengan pedagang yang ada di luar. Kalau begini terus nasib kita (pedagang di dalam) bagaimana? Bahkan, mungkin (pendapatan) tak cukup membayar petak ke depannya,” keluh pedagang tersebut yang tak sempat menyebutkan namanya.

Muhaimin memutuskan untuk berinteraksi sejenak disela-sela sidak. Ia mencoba untuk menenangkan pedagang tersebut.

Kemudian, berkoordinasi dengan Haemusri Umar, Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan yang juga hadir mendampingi agenda sidak dan mengevaluasi keluhan pedagang tersebut.

BACA JUGA:

Muhaimin mengatakan, keluhan pedagang di Pasar Pandansari tersebut akan dievaluasi lebih lanjut. Apalagi, kaitannya pada penataaan dan penertiban yang akan dilakukan Disdag bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang telah direncanakan.

“Keluhan pedagang tadi itu konteks lain, akan kita bahas dengan Disdag,” katanya.

Sebagai informasi, rencana penataan dan penertiban pedagang di lokasi tersebut, memang sudah mencapai tahap pembahasan dan akan dilaksanakan pada Juli hingga Desember 2023 mendatang.

“Jadi, Pak Kadisdag (Haemusri Umar) sudah punya agenda, bagaimana membenahi Pasar Pandansari ke depan. (Keluhan) Itu kan juga jadi salah satu masukan dari pedagang, nanti akan kita bahas sendiri di luar agenda sidak pada hari ini,” tandasnya. ###