Marbun Saksikan Pelepasan Rusa Sambar ke Lokasi Penangkaran di Areal Kantor Bupati PPU pada Kamis 15 Februari 2024 (Foto Humas Setdakab PPU)
Advertorial

Marbun Saksikan Pelepasan Rusa Sambar ke Lokasi Penangkaran di Areal Kantor Bupati PPU

  • PENAJAM - Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun menyaksikan langsung pelepasan rusa sambar ke lokasi penangkaran
Advertorial
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM, IBUKOTAKINI.COM - Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun menyaksikan langsung pelepasan rusa sambar ke lokasi penangkaran milik Pemda yang telah disiapkan tepat di belakang kantor bupati PPU, kilometer 09 Nipah-nipah ini, Kamis, 15 Februari 2024.  

Sejumlah rusa sambar ini dikirim langsung dari UPTD PTHPT penangkaran rusa milik Pemprov Kaltim yang berada di Desa Api-api, kecamatan Waru, kabupaten PPU.

Untuk tahap awal ini, sebanyak enam ekor rusa telah dilepas ke lokasi penangkaran tersebut dari jumlah yang direncanakan sebanyak sepuluh ekor.

Rusa-rusa ini diangkut menggunakan kotak tertutup dari bahan kayu yang diangkut menggunakan kendaraan truk.

“Agar rusa-rusa ini tidak stres untuk awal-awal ini jangan terlalu di dekati. Biarkan rusa yang ada menyesuaikan lingkungan barunya dulu,” ucap Marbun di sela-sela ini.

Dalam pelepasan ini, Makmur Marbun juga didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setkab PPU, Nicko Herlambang, Asisten III, Bidang Administrasi Umum, Ahmad Usman dan sejumlah pihak UPTD PTHTP Desa Api-api.

BACA JUGA:

Tambah dia bahwa sektor pendidikan merupakan hal terpenting dalam membagun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di suatu daerah khususnya di kabupaten PPU. Termasuk sektor lainnya seperti kesehatan, pertanian dan beberapa sektor lainnya.

Hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) di kabupaten PPU sambung dia, menuntut masyarakat kabupaten PPU memiliki SDM yang mampu bersaing. Jika itu tidak dapat di wujudkan, dikawatirkan putra-putri daerah tidak dapat berperan dalam kemajuan pembangunan di IKN nantinya.

“Ini tugas kita bersama. Para kepala sekolah, guru dan pemerintah daerah kabupaten PPU tentunya untuk mewujudkan SDM yang lebih baik di kabupaten PPU agar kita tidak menjadi penonton di daerah sendiri,” tutupnya. (Adv/Diskominfo PPU/Humas6*).