Kedelai bahan utama komoditi tahu tempe yang bakal naik
Ekonomi

Masyarakat Diminta Mewaspadai Kenaikan Harga Kedelai

  • IBUKOTAKINI.COM – Harga kedelai diproyeksi bakal mengalami kenaikan pada bulan ini. Kenaikan bahan utama tahu tempe tersebut juga bakal berdampak pada kenaikan
Ekonomi
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Harga kedelai diproyeksi bakal mengalami kenaikan pada bulan ini. Kenaikan bahan utama tahu tempe tersebut juga bakal berdampak pada kenaikan harga komoditi tersebut. 

Kepala Dinas Perdagangan kota Balikpapan Arzaedi Rachman  mengatakan bahwa untuk mewaspadai kemungkinan penerapan harga kedelai di dalam negeri mulai bulan Maret 2022.

Seperti yang diketahui, kedelai merupakan bahan utama dalam pembuatan tahu dan tempe.

Oleh karena itu, jika harga kedelai mengalami kenaikan, maka harga tahu dan tempe pun bakal naik. Kenaikan harga ini diprediksi bakal terjadi hingga Mei 2022.

kenaikan harga disebabkan oleh Pertama, terjadinya gangguan suplai kedelai dunia. Mengutip Kompas.com , Jumat (11/2/2022), gangguan suplai ini dikarenakan target produksi kedelai meleset dari perkiraan awal.

Brasil mengalami penurunan produksi kedelai. Prediksi pada Januari 2022 bisa mencapai 140 juta ton, justru menurun menjadi 125 juta ton per Februari 2022.

Penurunan produksi ini berdampak pada kenaikan harga kedelai dunia. Penyebab kedua yakni adanya inflasi di AS mencapai 7 persen. Hal ini kemudian berdampak pada harga produksi kedelai.

 

Stok kedelai di Balikpapan

Sementara di Balikpapan, saat ini harga kedelai eceran dipasar rakyat pada periode September 2021 sampai minggu pertama bulan Maret 2022 masih ada di rentang antara Rp 14.000 sampai Rp 15.000 per kilogram ada kenaikan kalau dibandingkan pada Januari 2021 berkisar di harga Rp.12.000

Stok kedelai di primkopti (saat ini sekitar 46 ton pada akhir Pebruari 2022, dan akan masuk lagi 46 ton dalam perjalanan 46 Ton dilepas ke pasar dengan harga 11.800. Pasokan kedelai ini diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan di kota Balikpapan hingga 3 minggu ke depan. Namun berdasarkan informasi dari Primkopti kota Balikpapan. Untuk kedelai masuk ke Balikpapan per minggu 4 kontainer atau 92 ton atau 368 Ton per bulan. Masih sangat memenuhi kebutuhan di kota Balikpapan 348 Ton surplus 20 Ton.

Sebagai informasi Harga Tahu dipasar rakyat di kota Balikpapan perpotong berkisar Rp 600 atau Rp 6.000  per bungkus. Sedangkan tempe perpotongnya Rp.5.000 atau Rp 22.000/kg, harga jual tahu dan tempe masih dalam batas normal.