Kepala DP3AKB, Alwiati
Kabar Ibu Kota

Masyarakat Miskin Dapat Bantuan STB TV Digital

  • IBUKOTAKINI.COM – Pada November 2022 nanti, siaran TV Analog ke Digital akan beralih. Pemerintah akan membagikan Set Top Box (STB) tv digital gratis yang d
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pada November 2022 nanti, siaran TV Analog ke Digital akan beralih. Pemerintah akan membagikan Set Top Box (STB) tv digital gratis yang diperuntukkan masyarakat miskin. 

Rencana tersebut dipaparkan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) dan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan, Dinas Sosial dan Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Balikpapan dalam audiens ke Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud di Kantor Wali Kota Balikpapan, baru-baru ini. 

Wali Kota menjelaskan bahwa sebelum rencana pembagian STB direalisasikan. Proses verifikasi data dilakukan, mengingat sasarannya adalah keluarga miskin. 

“Kami menunggu data yang pasti dari pusat. Selanjutnya setelah data diperoleh akan diverifikasi by name by address melalui bantuan RT setempat,” jelas Rahmad Mas’ud. 

Menurut wali kota, pembagian STB bagi keluarga miskin ini adalah bantuan alat yang mempermudah TV analog untuk menangkap sinyal TV digital. 

“Akurasi penerima bantuan set top box gratis TV digital ditentukan oleh keberadaan data faktual sesuai kondisi di lapangan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri yaitu Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah akan melaksanakan pembagian STB kepada masyarakat miskin seluruh Indonesia. 

Direncanakan akan ada 6,7 juta keluarga miskin yang mendapatkan subsidi STB tersebut. Namun untuk tahap I, terdapat sekitar 3,2 juta STB yang tersedia dan akan didistribusikan ke 166 kabupaten/kota yang terdampak pada ASO Tahap I.

Kepala DP3AKB, Alwiati mengatakan bahwa STB adalah bantuan perangkat perubahan TV analog menjadi TV digital. Dan Sasarannya hanya pada keluarga miskin. 

“Kami saat ini masih menunggu data keluarga miskin. Satu rumah hanya mendapatkan STB ini. Dari data yang dihimpun ada 5.800 sasaran,” sebutnya.

Ia menambahkan saat ini masih menunggu data dari Disdukcapil. Kalau sudah dapat dari dinas terkai akan verifikasi ulang by name by address. 

“Kemudian dibuatkan SK Wali Kota. Proses verifikasi dilakukan sampai 30 Juni mendatang,” pungkasnya.