Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik di depan lahan eks Puskib Balikpapan. (Foto: Adi Suseno/Biro Adpimprov)
Kabar Ibu Kota

Mau Diapakan Lahan Puskib?

  • IBUKOTAKINI.COM - Belasan tahun lahan bekas Puskib di Jalan Ahmad Yani Balikpapan terbengkalai.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Selama belasan tahun lahan bekas Pusat Kegiatan Islamiah Balikpapan (Puskib) di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Balikpapan Tengah terbengkalai. 

Kawasan seluas 3,8 hektar yang sempat menjadi salah satu pusat pergerakan mahasiswa Islam, sekaligus pusat pelayanan kesehatan itu dibongkar awal tahun 2010 untuk dijadikan pusat perbelanjaan. 

Meski sempat mendapat penolakan luas dari masyarakat, Pemmerintah Provinsi Kalimantan Timur saat itu tetap membongkar salah satu bangunan bersejarah itu.  Namun sampai tahun ini, tidak ada tanda-tanda investor menggarap lahan yang berada di kawasan strategis.   

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik saat meninjau lahan bekas Puskib, Rabu 11 Oktober 2023 mengaku sudah punya rencana mengelola kawasan ini. 

“Kita mencoba mendengar aspirasi dari  Pak Camat, aspirasinya Ibu Lurah, juga tokoh-tokoh masyarakat. Nanti kami koordinasikan kepada staf, ada Biro Hukum dan BPKAD, bagaimana ke depannya nanti,” kata Akmal Malik.  

BACA JUGA:

Bekas lahan Puskib merupakan salah satu aset Pemprov Kaltim seluas 3,8 hektar. Sebelumnya sudah direncanakan untuk bekerjasama Perusda Melati Bhakti Satya (MBS). Menurut Akmal Malik, pihaknya ingin mendengar aspirasi dari masyarakat setempat dalam mengelola lahan tersebut.  

"Tunggu tanggal mainnya, nanti kami infokan lebih lanjut," tegas Akmal Malik didampingi Camat Balikpapan Tengah Agung Budi Wibowo dan Lurah Mekar Sari Kecamatan Balikpapan Tengah Evi Norhanyati.

Akmal Malik menambahkan akan terus  melanjutkan pelayanan publik yang sudah diberikan dengan lebih baik oleh  Gubernur Kaltim selama ini.

"Kami lanjutkan dan insyaallah, mudah-mudahan pelayanan publik tetap berjalan, sebagaimana yang sudah dilakukan dengan sangat baik oleh Pak Isran Noor," tandasnya.

BACA JUGA:

Pelayanan publik di Kaltim, lanjut Akmal Malik harus tetap berjalan baik,  mulai dari RT/RW, kelurahan, kecamatan, kabupaten dan kota, bahkan provinsi.

"Kita harap seluruh pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat harus terus berjalan, khususnya pelayanan kesehatan dan pelayanan lainnya," ujarnya dilansir Biro Adpimprov.

Dalam kesempatan tersebut, Akmal Malik juga mengingatkan warga masyarakat bahwa saat ini bangsa Indonesia menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, baik Pemilu Presiden dan legislatif, serta Pemilu kepala daerah.

"Sebentar lagi mau Pemilu, tolong jaga keamanan, jaga ketertiban. Kita gunakan hak pilih dengan baik, dan tentunya sekali lagi jaga kesehatan masing-masing," pesannya. ***