McD bekerja sama dengan pemasok lokal resmi menggunakan beras Kaltim untuk gerai di Balikpapan dan Samarinda, Ilustrasi: layanan drive thru McD.  Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Bisnis

McD Balikpapan dan Samarinda Gunakan Beras Lokal

  •  SAMARINDA - Restoran waralaba cepat saji asal Amerika, McDonald's (McD) akan menggunakan beras lokal asli dari Kalimantan Timur (Kaltim) untuk gerai
Bisnis
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Restoran waralaba cepat saji asal Amerika, McDonald's (McD) akan menggunakan beras lokal asli dari Kalimantan Timur (Kaltim) untuk gerai mereka yang ada di Balikpapan dan Samarinda. 

Restoran yang dikenal dengan sajian ayam goreng dan burger itu telah menyepakati kerja sama penggunaan beras lokal dengan  Koperasi Pegawai Aroma Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kaltim.

Suplai beras dipasok dari dua pabrik penggilingan padi di Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. 

Kepala Disbun Kaltim, Ujang Rachmad, mengatakan pihaknya akan memasok sekitar 12 ton beras per bulan untuk 6 (enam) Gerai McD. Masing-masing sebanyak 3 (tiga) Gerai di Balikpapan dan Samarinda.

”Kita kerja sama menjadi vendor McD untuk supply beras sebanyak 12 ton. Jadi kalau makan di McD, itu berasnya dari kita. Ini bentuk komitmen kita pada pengembangan ekonomi lokal,” kata Ujang Rachmad dalam peluncuran Supply Perdana Beras Premium untuk 6 (enam) store McD, Senin (1/8/2022).

Baca juga: 

Ketua Koperasi Aroma Disbun Kaltim, Subaki, menjelaskan awal mula kerja sama penyaluran beras lokal ke Gerai Mcd ini atas inisiasi pihaknya. Sebelumnya, McD selalu memasok beras premium dari Surabaya. Lalu Subaki menawarkan dua pabrik lokal yang bisa memasok Beras Premium ke Gerai McD.

Setelah dilakukan verifikasi dan peninjauan lapangan, pihak McD menyetujui untuk memasok beras dari dua pabrik lokal yang ada di Kaltim.

“Artinya beras lokal kita secara kualitas juga tidak kalah saing. Karena mereka detail sekali memverifikasi, dari alur produksi hingga keamanan pangan,” jelas Subaki dilansir dalam keterangan resmi Pemprov Kaltim.

Subaki juga menjamin kualitas beras premium lokal Kaltim sangat baik dan terjamin. Bahkan beras Premium asal Kaltim memiliki kelebihan tanpa bahan pengawet. Sehingga, lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi. Namun ia mengakui, hingga saat ini pemasaran beras lokal masih kalah jika dibanding dengan Beras Premium yang berasal dari Pulau Jawa.

”Kualitas tidak kalah tapi kurang tereskpos. Inilah salah satu upaya kita mengenalkan Beras Lokal melalui kerja sama ini. Selain McD tentu nantinya kita akan menyasar rumah makan lain,” ujar pensiunan Kepala Seksi Konflik Usaha Perkebunan Disbun Kaltim tahun 2014 – 2018 ini.

Kapasitas produksi pabrik yang akan menyuplai beras ke McD, dikatakan oleh Subaki, sebanyak 8 (delapan) ton per hari. Sehingga, ketersediaan stok beras dipastikan akan selalu terpenuhi. ###