MC Ririz dan Presiden Jokowi di kawasan glamping IKN
Komunitas Kita

MC Ririz Glamping di IKN

  • Catatan Rizal Effendi
Komunitas Kita
Admin

Admin

Author

Catatan Rizal Effendi

 

SAYA lihat MC kondang Ririz Sulistyowati bertugas di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia diminta Dirut Pertamina Nicke Widyawati memandu acara penandatanganan kerjasama (MoU) PT Pertamina (Persero) dengan Otorita IKN, yang berlangsung Jumat (22/9) lalu.

“Aduh senang banget bisa bertugas di lokasi IKN yang penuh sejarah dan kebanggaan. Apalagi langsung dihadiri oleh Bapak Presiden Jokowi,” kata Ririz ketika saya hubungi kemarin.

Penandatanganan kerjasama itu bagian dari jadwal kegiatan dan acara Jokowi di IKN, pekan lalu. Secara khusus Presiden berada di sana selama tiga hari dua malam untuk memastikan pembangunan infrastruktur IKN berjalan lancar seraya melakukan groundbreaking  berbagai proyek investasi.

Di depan Jokowi, Dirut Pertamina Nicke Widyawati  menandatangani kerjasama dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam rangka pembangunan Pusat Energi Berkelanjutan atau Pertamina Sustainable Energy Center (PSEC).

Menurut Nicke, PSEC merupakan langkah Pertamina untuk mendukung program Net Zero Emission (NZE) yang dijalankan Pemerintah Indonesia sampai tahun 2060. Karena itu Pertamina mengembangkan pusat riset, green dan low carbon technology. Selain juga mengembangkan proyek Nature-Ecosystem Based Solution (NEBS) yang merupakan strategi memanfaatkan potensi alam IKN yang berada di kawasan hutan.

Pengembangan PSEC berada dalam wilayah perencanaan 5 di IKN dengan sejumlah fasilitas di antaranya Pertamina Sustainability Academy, Pertamina Training Institute, Pertamina Research  and Innovation Center for Sustainable and Low  Carbon Technologies, Pertamina Vocational Education Center, Shared Green Infrastructure, laboratorium serta Sustainability Start-up Hub.

Dalam memandu acara penting itu, Ririz mengenakan gaun berwarna merah hitam dengan motif tenun ulap Doyo Kalimantan, yang mirip kain ulos Batak. Lehernya dihiasi kalung mutiara putih, yang membuat penampilannya sangat anggun dan menarik.  

Dia sempat selfie dengan Ibu Nicke dan Menteri BUMN Erick Thohir. “Mereka orang-orang penting, masih muda dan enerjik serta sangat inspiratif. Saya  mengagumi mereka,” kata Ririz.

Ketika saya masih bertugas sebagai wali kota, Ririz masih mangkal di Balikpapan. Dia sering menjadi pemandu acara tidak saja di Pemkot, tapi juga di Forkopimda. Karena itu dia juga akrab dengan grup Muspida yang bertugas saat itu. Ada Dandim 0905/Balikpapan Kol  Heri Setya, Kapolresta Kombes Jeffri Dian Juniarta serta Danlanal Kol Laut (P) Irwan Sondang Parluhutan Siagian.

Belakangan Ririz yang juga dikenal sebagai penyanyi, hijrah ke Bali. Pilihan yang tepat untuk pengembangan kariernya lebih go international. Dia sempat bertugas dalam beberapa acara G20, yang sangat bersejarah di Bali tahun 2022 lalu.

Sepertinya dia akrab dengan pengacara terkenal Hotman Paris. Sempat viral ketika dia terlihat nongkrong bareng dengan Bang Hotman di kafe, Bali.  Dia juga muncul dalam  resepsi pernikahan putra pengacara tersebut di Jakarta belum lama ini.  

Hebatnya Ririz tidak melupakan Balikpapan dan Kaltim. Dia berkenan saya minta memandu acara peluncuran buku saya “Bukan Pak Wali Lagi,” di Kedai Kong Jie Samarinda, tahun lalu. Gubernur Isran Noor juga memuji keterampilan Ririz memandu acara dengan baik dan menarik.

Di samping menjadi MC, karier musik Ririz juga terus berjalan. Bertepatan ultahnya, Rabu, 28 Juni lalu, Ririz merilis single terbarunya “Wanita Hebat.” Itu single ketiganya. Sebelumnya dia sudah meluncurkan album “Beautiful Moment” dan “Baby I Miss You.” 

VIA BTHINK

Lantaran bertugas di IKN, Ririz akhirnya ikut bergabung dalam acara glamping dinner yang diadakan Presiden Jokowi dengan puluhan artis, penggiat seni dan influencer Jumat malam (22/9). Acara itu digelar seusai Konser Nusantara.

“Kebetulan Ririz bantuin menyiapin band-nya dari Deo Entertainment Jakarta. Hanya vokalisnya Mbak Via diambil  dari Bthink Balikpapan,” katanya.

Via mengaku mendapat kehormatan bisa tampil di depan Presiden, sejumlah menteri serta para artis yang diundang.   “Suasananya meriah banget dan unik. Alhamdulillah Via bisa menghibur Bapak Presiden Jokowi dan tamu lainnya,” katanya bersemangat.

Selain Via, sempat tampil juga Wika Salim, yang sebelumnya manggung di Konser Nusantara. Ketika Wika bernyanyi, Pak Bas, panggilan akrab Menteri PUPR membuat aksi  kocak. Mengedarkan kotak sumbangan seperti penyanyi jalanan.

Presiden secara khusus mengundang para artis dan pesohor untuk melihat langsung perkembangan pembangunan IKN. Sehingga mereka melalui media sosial bisa menyampaikan kepada warganet betapa dahsyatnya progres IKN di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

Para pesohor itu di antaranya Baim Wong, Tiara Andini, Aurelie Moeremans, Ziva Magnolia, Rapper Saykoji, dr Reisa, Chef Arnold Poernomo, Asri Welas, penyiar Ralvi Nasution, komika Insan Nur Akbar dengan pasangannya  Cak Lontong.

“Usai meninjau IKN, saya merasa ada optimisme yang besar untuk Indonesia, untuk masa depan Indonesia dan untuk kepemimpinan Indonesia,” kata Saykoji, rapper yang dilahirkan di Kota Balikpapan, 8 Juni 1983. 

Rapper yang punya nama  asli Ignatius Rosoinaya Penyami itu, sempat membuat lagu bertajuk IKN. Ketika pertama diunggah,  20 ribu warganet me-like dan 300 ribu, yang menonton.

Ririz beruntung dia sempat berfoto dengan  Presiden Jokowi di bawah pohon eucalyptus. Juga dengan sejumlah menteri dan artis. Di antaranya dengan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Baim Wong. “Asyik banget, malam yang berkesan di lokasi IKN dan tak pernah terlupakan dalam hidup saya,” katanya sampai terbawa mimpi. ***

*Wartawan senior, Wali Kota Balikpapan 2011-2021