Plt Kepala Dinas Pangan TPH Kaltim Dadang Sudarya di Markas Batalyon Infanteri (Yonif) 611/Awang Long Loa Janan, baru-baru ini
Kabar Ibu Kota

Mendukung Swasembada Pangan, TNI Ikut mengawal Peningkatan Produksi

  • Mendukung Swasembada Pangan, TNI Ikut mengawal Peningkatan Produksi

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menuju swasembada pangan terus dilakukan. Pasalnya, Kementerian Pertanian meningkatkan kerjasama Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mengawal peningkatan produksi komoditas pertanian.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Kaltim sangat mendukung program mencapai swasembada pangan. Sehingga pembangunan pertanian tidak hanya ditujukan pada upaya meningkatkan produksi.

Plt Kepala Dinas Pangan TPH Kaltim Dadang Sudarya menegaskan pembangunan pertanian tidak hanya ditujukan untuk upaya-upaya meningkatkan produksi. Namun, program strategis yang harus diupayakan adalah meningkatkan daya saing produk hasil pertanian

"Daya saing produk hasil pertanian harus diarahkan lebih bernilai tinggi dan memberikan sumbangan besar dalam upaya ketahanan pangan nasional,” kata Dadang Sudarya di Markas Batalyon Infanteri (Yonif) 611/Awang Long Loa Janan, baru-baru ini.

Dadang menambahkan Pemprov Kaltim terus berkomitmen untuk tetap meningkatkan produksi padi di daerah dengan cara mekanisasi, seperti peningkatan cetak sawah, optimalisasi lahan dan meningkatkan produktivitas tanaman.

"Melalui optimalisasi lahan dan mekanisasi pertanian, kita upayakan produksi padi bisa terus meningkat, sehingga terwujud swasembada pangan di Kaltiim,” tandasnya.

Menurut Dadang , berbagai upaya dengan perbaikan prasarana pengairan. Diantaranya, pembangunan bandungan serta rehabilitasi jaringan irigasi, pipanisasi, pembangunan pintu-pintu air dan pompanisasi.

"Kita juga terus melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) para pemuda petani melalui berbagai pelatihan dan keterampilan," ujarnya

Selain pembukaan lahan pertanian, Dinas Pangan TPH mengembangkan padi ladang guna pemenuhan kebutuhan beras di Kaltim. Perlu inovasi dan kreasi bagaimana agar kekurangan bisa diminimalisir.

"Kita melaksankan program upaya khusus pengembangan padi, jagung dan kedelai, singkong. Kerjasama dan dukungan TNI," sebut dia.