Kabar Ibu Kota

Mengabdi Pada Pramuka, 98 Orang Di Balikpapan Raih Piagam Pancawarsa 2023

  • BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM—Sebanyak 98 orang yang sudah yang sudah mengabdi sebagai Pramuka Kwartir Cabang Kota Balikpapan mendapatkan Piagam dan Lencana Panca
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM—Sebanyak 98 orang yang sudah yang sudah mengabdi sebagai Pramuka Kwartir Cabang Kota Balikpapan mendapatkan Piagam dan Lencana Pancawarsa Tahun 2023.

Kegiatan berlangsung di Aula Balai Kota Balikpapan pada Selasa (15/8/2023).

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Kota Balikpapan memberikan Penganugerahan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) tersebut, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 62 Pramuka Tahun 2023.

Penghargaan Pancawarsa merupakan penghargaan gerakan Pramuka atas kesetiaan, kepatuhan, kerajinan, ketekunan, kesungguhan dan ketertiban sebagai anggota dewasa gerakan pramuka selama lima tahun atau kelipatan lima tahun.

Pemberian Piagam dan Lencana Pancawarsa Tahun 2023 secara langsung diberikan oleh Rahmad Mas’ud didampingi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Balikpapan Muhaimin.

Dari 98 orang penerima Piagam dan Lencana Pancawarsa, Rahmad menerima Piagam dan Lencana Pancawarsa IV yang diserahkan langsung Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Balikpapan.

Begitu juga, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Balikpapan yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Balikpapan menerima Piagam dan Lencana Pancawarsa VI. 

Dalam kesempatan itu, Rahmad menyampaikan bahwa penghargaan ini diberikan atas pengabdian terhadap Pramuka. 

"Ini selaras dengan apa yang menjadi Dharma Satya kita terhadap Pramuka, bagaimana kita bisa bermanfaat untuk bangsa kita dan komitmen kita untuk menjaga Kota Balikpapan," ucapnya.

Kegiatan ini sekaligus untuk menjalin silaturahmi, karena sudah lama tidak bertemu dengan jajaran pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Balikpapan. 

Sementara itu, Muhaimin mengatakan TPOD diberikan bagi Pramuka yang mengabdi mulai dari Pembina, Pengurus sampai dengan seluruh anggota Pramuka serta para senior Pramuka. Hanya saja penghargaan setiap lima tahun ini diberikan khusus orang dewasa.

"Dimulai dari Pancawarsa Satu hingga Pancawarsa 10. Jadi tidak boleh putus, mengabdi, membina dan melaksanakan kegiatan Pramuka," ujarnya.

Setiap tahun, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Balikpapan mengadakan ulang janji untuk merefleksikan kegiatan selama satu tahun, sekaligus mengairahkan semangat bagi yang terlibat dalam kepramukaan, agar Pramuka dapat menjadi lokomotif untuk cinta kepada bangsa dan tanah air. 

“Apalagi momen ini mendekati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Ini kan refleksi perjalanan Pramuka selama satu tahun," ungkapnya.