Ilustrasi kereta cepat
Tren

Mengenal Brunergy yang Akan Bangun Jalur Kereta Brunei-Balikpapan

  • BALIKPAPAN – Informasi mengenai rencana perusahaan baru terungkap melalui website perusahaan yang kini tidak dapat diakses.
Tren
Hadi Zairin

Hadi Zairin

Author

BALIKPAPAN – Brunergy Utama Sdn Bhd, perusahaan berkantor pusat di Brunei telah membuat heboh warga Kalimantan Timur.  Bagaimana tidak, perusahaan itu telah mengumumkan rencana proyek Kereta Api Trans Borneo yang mencakup total jarak 1.620 kilometer.

Jalur kereta api itu bakal melintasi tiga negara, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Indonesia. Banyak pengguna Instagram asal Kalimantan Timur menyambut baik rencana itu. 

“Berasa seperti Uni Eropa dengan TGV nya🔥🔥,” tulis pengguna Instagram, @didit***. 

“everyday we’re goin to brunei right now,” tulis yang lain. 

BACA JUGA:

Benarkah rencana itu? Sejauh ini sumber utama yang menjadi rujukan hanyalah situs milik perusahaan yang dikutip oleh media-media asing seperti MalayMail berbasis di Malaysia dan borneobulletin.com.bn yang berbasis di Brunei Darussalam. 

Lalu siapakah Brunergy Utama? 

Brunergy Utama Sdn Bhd adalah perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Brunei yang berfokus pada proyek infrastruktur besar untuk mendorong pertumbuhan masa depan di Kalimantan.

Didirikan pada 21 Oktober 2013, Brunergy sebelumnya dikenal sebagai Mumin Energy (B) Sdn Bhd, yang utamanya beroperasi di sektor minyak dan gas.

Setahun kemudian pada tahun 2014, pendirinya Danny Chong dan Khalid Abdul Mumin menyelaraskan kembali misi perusahaan untuk fokus pada sistem pengiriman transportasi massal untuk Brunei dan Malaysia. Namanya diubah menjadi Brunergy Utama (B) Sdn Bhd pada 5 Agustus 2014. ***