Meningkatkan Digitalisasi Pendidikan, Pemkab PPU Beri Laptop Ribuan Guru
Penajam

Meningkatkan Digitalisasi Pendidikan, Pemkab PPU Beri Laptop Ribuan Guru

  • Sebagai langkah awal, Pemkab PPU telah membagikan beberapa unit laptop dan komputer untuk sejumlah sekolah. Rinciannya, untuk SD sebanyak 153 unit, untuk PAUD sebanyak 29 unit, dan untuk SMP sebanyak 97 unit.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berencana memberikan laptop kepada 3.000 guru di wilayahnya, mulai dari tingkat PAUD, TK, SD hingga SMP. Pemberian laptop ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan digitalisasi di sektor pendidikan.

Penjabat (Pj) Bupati PPU, Makmur Marbun, mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil pantauannya di lapangan, migrasi ke sistem digitalisasi di sekolah-sekolah di PPU masih tergolong rendah. Bahkan, di beberapa sekolah, laptop atau komputer hanya digunakan untuk membuat laporan keuangan sekolah.

"Temuan saya di lapangan sangat rendah digitalisasi, padahal guru penggerak itu butuh akselerasi, tidak hanya dituntut untuk murid, gurunya juga," jelas Makmur pada Jumat 12 Juli 2024. 

Ia menekankan bahwa tanpa penggunaan laptop atau perangkat digital dalam proses pembelajaran, maka kemajuan sistem pendidikan di PPU dikhawatirkan akan tersendat. Hal ini juga berpotensi menyebabkan bahan ajar yang disampaikan guru kepada peserta didik tidak selaras dengan perkembangan zaman.

"Saya minta seluruh guru harus punya ini, saya akan bangga kalau melihat mereka datang ke sekolah membawa bahan ajar yang updating itu yang diperlukan," tambahnya.

BACA JUGA:

Pemberian laptop ini direncanakan akan dilakukan pada tahun 2025 mendatang. Setiap guru akan mendapatkan satu unit laptop. Pj Bupati PPU ini juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah memprioritaskan kepentingan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam pembahasan anggaran daerah.

"Program itu tidak melulu membangun fisik tapi juga peningkatan SDM," tegasnya.

Sebagai langkah awal, Pemkab PPU telah membagikan beberapa unit laptop dan komputer untuk sejumlah sekolah. Rinciannya, untuk SD sebanyak 153 unit, untuk PAUD sebanyak 29 unit, dan untuk SMP sebanyak 97 unit. (Adv/Diskominfo PPU)