Menpan RB berikan pengarahan ke ASN di Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Menteri PAN RB Berikan Pengarahan Pentingnya Inovasi ke ASN Balikpapan 

  • IBUKOTAKINI.COM – Usai memberikan pengarahan dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Perwakilan Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas APPSI) di Novotel Balikpa
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Usai memberikan pengarahan dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Perwakilan Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas APPSI) di Novotel Balikpapan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PANRB) Abdullah Azwar Anas menggelar pertemuan khusus dengan Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud dan para aparatur sipil negara di Balai Kota Balikpapan, Jumat (24/2/2023).  

Dalam pertemuan itu, Menteri PAN RB sengaja ingin bertemu dengan para ASN Kota Balikpapan yang akan menjadi ‘wajah’ pelayanan Ibu Kota Nusantara. 

“Karena Balikpapan merupakan gerbang Ibu Kota Nusantara, jadi welcome-nya IKN ya di Balikpapan, tentu (pertemuan ini) penting karena Balikpapan akan menjadi warna Nusantara,” katanya.  

Lebih jauh Menteri PAN RB menjelaskan peningkatan layanan publik melalui kebijakan penataan birokrasi, serta mengingatkan pentingnya inovasi dalam pelayanan. 

Saat ini, menurut Abdullah Azwar Anas, kementerian sedang mengembangan mal pelayanan publik (MPP) digital, yang akan mengintegrasikan seluruh dokumen persyaratan. 

BACA JUGA:

“Dengan MPP digital ini, masyarakat hanya cukup sekali melakukan input data, satu akun untuk semua keperluan administrasi. Selain itu layanan ini juga bisa diakses dari mana saja dan kapan saja melalui perangkat elektronik,” jelasnya.

Sementara Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud berharap pertemuan dengan Menteri PAN RB menambah semangat para ASN dalam melayani masyarakat. 

“Saya berharap pertemuan ini juga menambah wawasan para ASN Pemkot Balikpapan sehingga dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat,” ujarnya. 

Terkait dengan kepegawaian, beliau mempersilakan BKSDM dan inspektorat untuk menyampaikan langkah apa, yang bisa memperkuat koordinasi birokrasi.  

“Karena banyak aturan yang berubah-ubah. Hampir setiap saat. Dari pusat, kementerian, provinsi dan daerah. Saya berpesan kepada ASN, kalau ada regulasi dari pusat harus taat asas, (tetapi) berupa kebijakan bisa dikoordinasi dengan kementerian melalui dirjennya,” imbuh wali kota. 

Wali Kota Rahmad Mas’ud menegaskan, sebagai penyelenggara negara (ASN Balikpapan) harus komitmen (terhadap aturan) dan bersama membangun kota. ###