Meriahkan Erau 2024, Balap Ketinting di Pulau Kumala Digelar
Kutai Kartanegara

Meriahkan Erau 2024, Balap Ketinting di Pulau Kumala Digelar

  • Balap Ketinting ini tak hanya menjadi ajang hiburan bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Raja, tetapi juga menjadi bagian dari upaya memperkenalkan potensi wisata daerah.
Kutai Kartanegara
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA – Dalam rangka memeriahkan tradisi tahunan Erau Adat Kutai 2024, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah secara resmi membuka Balap Ketinting pada Sabtu (21/9/2024) di dermaga Pulau Kumala, Tenggarong. 

Acara pembukaan ditandai dengan pengangkatan bendera start oleh Edi Damansyah, yang melepas para peserta lomba ketinting ke perairan Sungai Mahakam.

Edi mengapresiasi kerja keras Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar dan seluruh panitia yang telah bekerja sama dengan baik untuk menyukseskan acara Erau ini. 

“Saya sangat mengapresiasi Dishub, panitia penyelenggara, undangan, serta semua pihak yang telah berpartisipasi, baik secara materiil maupun non-materiil. Kolaborasi dan sinergi inilah yang membuat kegiatan Balap Ketinting ini bisa terselenggara dengan baik,” ungkapnya.

Dia menilai Balap Ketinting ini tak hanya menjadi ajang hiburan bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Raja, tetapi juga menjadi bagian dari upaya memperkenalkan potensi wisata daerah. Dengan semakin meningkatnya perhatian publik terhadap acara-acara lokal seperti ini, diharapkan dapat mempercepat pencapaian target pembangunan daerah dan mendukung terwujudnya Kukar yang sejahtera dan berbahagia.

BACA JUGA:

“Balap Ketinting ini adalah salah satu bentuk komitmen kita untuk memperkenalkan daya tarik wisata Kukar. Semoga ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan dan turut memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat, terutama pedagang lokal,” tambah Edi.

Dalam pesan penutupnya, Edi mengingatkan agar para peserta tetap menjaga semangat kompetisi dengan menjunjung tinggi persaudaraan dan silaturahmi di antara para pehobi balap ketinting. 

“Saya berharap olahraga balap ketinting ini terus berkembang, dan Pemkab akan terus mendukung penyelenggaraan event seperti ini untuk mewadahi para pehobi. Selamat bertanding, dan utamakan keselamatan,” ujar Edi.

Sebagai bentuk apresiasi, Edi Damansyah secara pribadi menyumbangkan hadiah sebesar Rp10 juta untuk para pemenang. 

Ajang balap ketinting ini tak hanya diikuti oleh peserta dari Kukar, tetapi juga dari kabupaten/kota lainnya, seperti Paser, Kutai Timur, dan Kutai Barat. Lomba ini menampilkan beberapa kelas berdasarkan ukuran piston mesin, mulai dari 75 mm hingga 94 mm. ***