Minta Tambah SPBU, Pemkot Akan Bersurat ke Pertamina Pusat
Kabar Ibu Kota

Minta Tambah SPBU, Pemkot Akan Bersurat ke Pertamina Pusat

  • BALIKPAPAN - Pemerintah Kota (Pemkot) akan bersurat ke PT Pertamina Pusat untuk bisa melakukan penambahan SPBU di Kota Balikpapan, sebaga
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) akan bersurat ke PT Pertamina Pusat untuk bisa melakukan penambahan SPBU di Kota Balikpapan, sebagai upaya mengatasi antrean pembelian Bahan Bakar Minyak. 

"Kita sudah ada satu langkah lagi. Bapak Wali Kota akan mengantar sendiri surat tersebut untuk  memohon pertambahan SPBU. Jadi bukan hanya dari PT Pertamina tetapi dari Pemkot juga memohon kepada pihak Pertamina untuk melakukan penambahan SPBU," jelas Kepala Bidang Perekonomian Setda Kota Balikpapan, Sri Hartini kepada awak media, di Balai Kota pada hari Rabu 10 Januari 2024. 

Pasalnya, jika menunggu penambahan SPBU dari investasi swasta membutuhkan waktu yang lama, karena agak sulit jika menunggu investasi swasta. 

"Bagaimana mereka bisa melakukan investasi dari Pertamina. Jadi minta investasi dari Pertamina," ucapnya.

BACA JUGA:

Mengingat, penduduk di Kota Balikpapan setiap hari semakin bertambah dengan adanya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur. Saat ini, SPBU di Kota Balikpapan sebanyak 14 SPBU. Tentunya, tidak mumpuni dengan warga Kota Balikpapan.

"Penduduk di Kota Balikpapan dari 700 sekian sekarang ada 800 sekian menuju satu juta penduduk. Jadi sebenarnya dinyatakan SPBU kita kurang sekali," terangnya.

Di sisi lain, dengan adanya pembangunan IKN, banyak kendaraan dari luar Balikpapan berdatangan di Kota Balikpapan seperti halnya angkutan orang maupun angkutan barang, sehingga pasokan terbagi. 

"Mereka menyedot kuota yang harusnya untuk warga Balikpapan," ujarnya. (*)