Sholat Idulfitri 1443 Hijriah di Masjid Balikpapan Islamic Center (BIC) yang dihadiri Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud, SE, ME, Minggu (2/5/2022)
Kabar Ibu Kota

Momen Idulfitri, Wali Kota Pesan Tetap Prokes

  • IBUKOTAKINI.COM – Usai menjalan ibadah puasa ramadan selama satu bulan, umat muslim merayakan kemenangan di hari raya Idulfitri. Pada hari raya Idulfitri 1443 H
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Usai menjalankan ibadah puasa ramadan selama satu bulan, umat muslim merayakan kemenangan di hari raya Idulfitri. Pada hari raya Idulfitri 1443 Hijriah tahun ini di Kota Balikpapan dirayakan dalam kondisi pandemi dengan status PPKM Level 3. 

Menandai hari kemenangan dengan dilaksanakannya Shalat Idulfitri. Salah satu tempat yang melaksanakan sholat Idulfitri 1443 Hijriah yakni di Masjid Balikpapan Islamic Center (BIC) yang dihadiri Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud, SE, ME, Minggu (2/5/2022).

Turut hadir Asisten Tata Pemerintahan Pemerintah Kota Balikpapan, Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkipimda) Balikpapan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Balikpapan mengatakan bahwa lebaran Idulfitri 1443 Hijriah sudah dapat bersilaturahmi bersama keluarga dan kerabat.

“Meskipun tetap dengan Protokol Kesehatan (Prokes)," jelasnya.

Wali Kota Balikpapan mengatakan Balikpapan berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, tetapi instruksi Menteri Dalam Negeri tidak melarang untuk melakukan sholat berjamaah di Masjid.

"Saya berharap tidak mengurangi semangat kita, untuk tetap menjalankan Prokes bagi warga Kota Balikpapan," ucapnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat Balikpapan untuk terus menjalankan prokes, agar pandemi Covid 19 dapat diantisipasi sehingga tidak menyebar dan tidak ada kluster baru.

Selain itu, Wali Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat sudah membantu dan saling berbagi kepada saudara yang membutuhkan di saat bulan Ramadhan. Termasuk, menunaikan kewajiban membayar zakat.

"Semoga tahun 2022 jumlah penerimaan zakat, infak dan sedekah Kota Balikpapan bisa lebih maksimal lagi. Jumlah keseluruhan zakat, infak dan sedekah Kota Balikpapan pada tahun 2021 atau 1442 Hijriah mencapai Rp 48.900.561.411,-," ujarnya.

Usai Shalat Idulfitri dilaksanakan halal bihalal

Di momentum ini, Beliau mengajak seluruh masyarakat Kota Balikpapan untuk semakin menumbuhkan semangat dalam bekerja, bersinergi untuk kemajuan pembangunan Kota Balikpapan yang akan menjadi pintu gerbang dan penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Diketahui bahwa penambahan penduduk Kota Balikpapan hingga bulan April 2022 bertambah 6 ribu jiwa. Meskipun hal itu, masih dikategorikan normal. Namun, diprediksikan akan semakin bertambah dengan pindahnya IKN ke Kalimantan Timur (Kaltim) secara resmi.

"Saat infrastruktur Kota Balikpapan semakin lengkap, maka semakin banyak warga yang berminat menetap di Kota Balikpapan," tutupnya.

Pada pelaksanaan sholat Idulfitri 1443 Hijriah di Masjid BIC Balikpapan diimami oleh KH M Jailani Mawardi dengan khotib Ust H Mustaqim dan Ustad Syukrila sebagai bilal.⠀