Hingga 13 Juli 2023, Pertamina Patra Niaga Kalimantan Gelar Operasi Pasar
Kabar Ibu Kota

Monitoring Kelangkaan LPG 3 Kg, KPPU Balikpapan Akan Panggil Pertamina

  • IBUKOTAKINI.COM - Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di beberapa titik di Balikpapan oleh Kantor Wilayah Komisi Pengawas Persaingan U
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di beberapa titik di Balikpapan oleh Kantor Wilayah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), masih ditemui kelangkaan gas LPG 3 kg bersubsidi. Kelangkaan yang terjadi ini bukan kali pertama yang dialami kota Balikpapan. Tentu dengan kelangkaan gas LPG 3 kg bersubsidi ini mengganggu aktivitas ekonomi di Balikpapan.

Terkait dengan kondisi ini, Kepala Kanwil 5 KPPU Balikpapan FY. Andriyanto  mewanti-wanti kepada berbagai pihak untuk tidak mempermainkan harga maupun stok gas LPG 3 Kg bersubsidi. KPPU Kanwil 5 KPPU Balikpapan tidak segan untuk mengambil ranah hukum berdasarkan UU 5 Tahun 1999 tentang larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak sehat bila ada potensi pelanggaran hukum persaingan usaha dalam penyaluran gas LPG 3 kg bersubsidi.

“Kita akan mengundang Pertamina untuk memberikan penjelasan mengenai kondisi ini, adapun yang kami lakukan saat ini adalah monitoring harga gas LPG 3 kg bersubsidi dan ketersediaanya,” jelas Andriyanto yang dikutip Senin, 17 Juli 2023.

BACA JUGA:

Terkait dengan potensi pelanggaran hukum persaingan usaha, dijelaskan bahwa KPPU secara terbuka untuk menerima laporan dari masyarakat, selain itu KPPU juga bisa melakukan penelitian inisiatif terkait kondisi kelangkaan gas LPG 3 kg bersubsidi. 

Sebelumnya, Pemerintah Kota Balikpapan bersama Pertamina telah melakukan operasi pasar LPG 3 Kg dibeberapa titik. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan LPG tersebut. (*)