Mudahkan Investor, Balikpapan Susun Peta Potensi Investasi
Bisnis

Mudahkan Investor, Balikpapan Susun Peta Potensi Investasi

  • IBUKOTAKINI.COM – Untuk memudahkan investor berinvestasi di Kota Balikpapan. Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pela
Bisnis
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Untuk memudahkan investor berinvestasi di Kota Balikpapan. Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu telah memiliki peta potensi investasi dalam bentuk GIS di Provinsi Kalimantan Timur. 

Kepala DPMPTSP Balikpapan Hasbullah Helmi menjelaskan bahwa kota yang dikenal Madinatul Iman ini telah memiliki peta potensi investasi dalam bentuk GIS di Provinsi Kalimantan Timur.  Peta ini akan memudahkan investor untuk menemukan lokasi dan peruntukan, seperti restoran atau pariwisata. 

“Tahun lalu, kami telah memulai pengembangan peta potensi, tetapi masih ada beberapa kekurangan. Sehingga tahun ini dialokasikan anggaran tambahan untuk pengembangannya,” terangnya pada Sabtu 28 Oktober 2023.

Ia menyebut akan segera merilis peta potensi ini dengan berbagai bahasa, seperti Indonesia, Inggris, dan China. 

“Tujuan kami adalah memastikan informasi tentang lokasi dan peruntukan lebih mudah diakses, termasuk kebijakan perizinannya,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan siap berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat terkait investasi di Kota Balikpapan semakin baik ke depannya. Apalagi dengan adanya pembangunan IKN, Balikpapan menjadi Kota Penyangga sangat strategis lokasinya.

BACA JUGA:

“Kita koordinasi dengan Pemerintah pusat yang lebih tahu paling tidak Balikpapan sebagai peyangga IKN, kita yakin Pusat akan arif dan bijaksana untuk melihat agar investasi kita semakin maju,” ujar Rahmad Mas’ud kepada awak media, Jumat 27 Oktober 2023.

Rahmad menambahkan, investasi di Kota Balikpapan akan meningkat selama penyediaan fasilitas sarana dan prasarana memadai, bagaimana menjadikan Kota Balikpapan kondisi iklim yang kondusif di Balikpapan.

“Untuk itu kami mengimbau para stakeholder untuk terlibat langsung dalam pertumbuhan ekonomi di Kota Balikpapan,” ajaknya. 

Terkait apakah ada pengaruh dengan Pilpres ini, sebagai pengusaha tentu akan melihat sisnya, tapi secara internal di dalam Kota Balikpapan yang sudah berjalan baik- baik saja, yang penting jaga iklim kondusif.

“Dilihat juga situasi dan kondisi politik jika saya sebagai pengusaha, tapi secara birokrasi tidak perlu dikhawatirkan karena negara menjamin bagi yang berinvestasi, apalagi di IKN yang sudah jelas dasar hukumnya melalui Undang-undang,” imbuhnya.

“Tidak usah ragu dari pada nanti diduhuluin orang lain,” sambungnya. ***