Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud ketika melepas jalan sehat pada akhir pekan lalu
Balikpapan

Oktober 2024, Pemkot Naikkan DO Ketua RT Se Balikpapan

  • Kenaikan DO ini dapat bermanfaat, bisa untuk kader maupun kegiatan lain yang bermanfaat untuk warga. Apalagi kebutuhan pokok di Kota Balikpapan mahal.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan menaikkan Dana Operasional (DO) Ketua RT dari Rp 1 juta menjadi Rp 1,5 juta.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan kenaikkan DO Ketua RT di Kota Balikpapan, sebagai bentuk komitmen pemerintah. 

"Bulan Oktober nanti DO Ketua RT naik lagi jadi Rp 1.5 juta. Jadi Ketua RT dapat membantu menjalankan program pemerintah," ujarnya saat memberikan sambutan sebelum melepas jalan sehat LPM Gunung Samarinda, di Waduk Wonorejo, baru-baru ini.

Rahmad meminta Ketua RT supaya bisa menjalankan program pemerintah sebagai tugas Ketua RT, salah satunya program BPJS Kesehatan Kelas III bagi Pekerja Bukan Penerima Upah. "Jangan sampai program pemerintah tidak diterima warga yang benar-benar membutuhkan. Fasilitas yang diberikan pemerintah untuk warga yang membutuhkan dapat tersampaikan," ucapnya.

BACA JUGA:

Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada warganya, khususnya warga yang membutuhkan. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada Camat untuk bisa memperhatikan warga pekerja yang bukan penerima upah agar terdaftar.

"Tolong didata semua. Warga yang belum terdaftar BPJS Kesehatan dapat didata. Pemerintah wajib menanggung itu semua. Kalau ada warga kesusahan lapor ke Lurah, kalau Lurah tidak merespon lapor ke pak camat, kalau pak camat tidak merespon lapor ke wali kota," tegas wali kota.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan, Halili Adinegara sangat mendukung adanya kenaikan DO Ketua RT menjadi Rp 1,5 juta. 

"Ini memang perlu dinaikkan dan sudah saatnya. Saya sekarang sudah duduk di dewan, kalau perlu nanti bisa dinaikkan kembali" serunya.

Dirinya merasakan selaku Ketua RT, sehingga kenaikan DO ini dapat bermanfaat, bisa untuk kader maupun kegiatan lain yang bermanfaat untuk warga. Apalagi kebutuhan pokok di Kota Balikpapan mahal. 

"Saya sangat mendukung. Saya ucapkan terima kasih kepada bapak walikota," tutupnya. ***