Pemilihan Duta Sadar Hukum oleh Pemprov Kaltim
Kabar Ibu Kota

Pahami Hukum Sejak Dini, Pemprov Kaltim Gelar Duta Pelajar Darkum

  • Pahami Hukum Sejak Dini, Pemprov Kaltim Gelar Duta Pelajar Darkum

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Kenalkan peraturan hukum sejak dini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pemilihan duta pelajar sadar hukum (Darkum) tingkat provinsi. Kegiatan bekerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur diikuti 90 peserta dari SMA se-Kaltim.

"Pemilihan duta pelajar sadar hukum sangat bermanfaat agar para pelajar memahami hukum sejak dini. Mengingat anak-anak merupakan generasi penerus," tutur Kepala Kejati Kaltim Deden Riki Firman saat membuka acara di Ballroom Hotel Senyiur Samarinda, Senin (23/11/2020).

Dia mengatakan masyarakat sadar hukum sangat diperlukan. Kegiatan ini merupakan bentuk penegakan hukum dari segi pencegahan. Diharapkan menjadi langkah awal untuk pelajar terus belajar tentang hukum. Sehingga siswa yang sadar hukum menjadi corong masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Anwar Sanusi mengatakan pemilihan duta sadar hukum dapat menjadi modal pokok bagi anak-anak terutama yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi jurusan hukum. Dia mengatakan, pemenang tiga besar akan menerima bantuan kuliah gratis asalkan masuk kuliah fakultas hukum.

"Biar kalian-kalianlah yang mengisi ibu kota negara RI. Kalianlah calon-calon jaksa yang tangguh, unggul dari IKN. Saya minta anak-anak serius mengikuti kegiatan ini," pesan Anwar kepada peserta.

Anwar menambahkan, para pemenang duta sadar hukum ini direncanakan akan dibawa ke Kejaksaan Agung di Jakarta. “Harapannya, generasi muda menjadi peduli dengan hukum sejak dini,” ujarnya.