Stadion Palaran
Kabar Ibu Kota

Pakai Baju Adat, ASN Pemprov Kaltim Wajib Upacara HUT RI di Palaran

  • Pemerintah juga mengerahkan pelajar hadiri peringatan kemerdekaan di Stadion Utama Palaran.
Kabar Ibu Kota
Hadi Zairin

Hadi Zairin

Author

IBUKOTAKINI.COM - Pemrintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan Pegawai Tidak Tetap (PPPD) untuk mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara tahun ini akan dipusatkan di Stadion Utama Palaran, Samarinda, pada 17 Agustus 2024.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni, mengonfirmasi hal ini saat acara Anugerah Satya Lencana Karya Satya yang digelar di Pendopo Odah Etam pada Kamis (15/8/2024). 

"HUT ke-79 Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Kaltim akan memusatkan upacara di Stadion Palaran," ujar Sri Wahyuni dalam pernyataan resmi.

Pemprov Kaltim telah menyebarkan surat edaran kepada seluruh perangkat daerah, menginstruksikan mereka untuk mengerahkan ASN, tenaga PPPK, dan PPPD di instansi masing-masing agar mengikuti upacara yang akan digelar baik pagi maupun sore hari. 

Selain pegawai pemerintah, pelajar juga turut dikerahkan dalam acara ini. "Tenda dan tribun sudah disiapkan di sana," jelas Sri Wahyuni.

Dalam rangkaian acara, pejabat eselon II (kepala dinas, badan, dan biro) diwajibkan mengenakan pakaian adat daerah, sementara pejabat eselon III dan IV diminta mengenakan pakaian sipil lengkap (jas atau pakaian daerah).

Sementara itu, staf pelaksana diinstruksikan mengenakan seragam Korpri, dan tenaga PPPK serta PPPD memakai seragam putih hitam.

"Ini adalah momentum yang baik bagi kita untuk menghargai dan mengapresiasi perjuangan serta pengorbanan para pahlawan bangsa," ungkap Sri Wahyuni, menekankan pentingnya peran serta ASN dalam kegiatan ini.

Selain upacara di Samarinda, upacara peringatan HUT RI juga akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Warga Benua Etam diharapkan ikut serta sebagai representasi tokoh adat, tokoh masyarakat, pemuka agama, dan tokoh pemuda dari Kalimantan Timur. 

Upacara di IKN akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju serta pimpinan lembaga negara. 

Namun, Sri Wahyuni menegaskan bahwa perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kaltim hanya akan dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sri Wahyuni juga berharap agar warga Kalimantan Timur dapat mengunjungi IKN meskipun tidak dalam rangka upacara HUT RI. Ia meminta masyarakat untuk terus memberikan dukungan moril dan komitmen kuat bagi percepatan pembangunan IKN. 

"Saya mengajak dan mewajibkan seluruh pimpinan perangkat daerah, setiap ASN, dan tenaga PPPK/PPPD untuk mengikuti upacara HUT RI di Stadion Palaran," tegasnya.

Selain upacara, Pemprov Kaltim juga akan menggelar Pesta Rakyat pada Minggu malam (18/8/2024) di Temindung Creative Hub atau kawasan eks Bandara Temindung, Samarinda.

"Kita berharap bukan hanya masyarakat yang hadir, tetapi juga unsur perangkat daerah, karena kita adalah bagian dari rakyat Kalimantan Timur," pungkasnya. ***