Pantau Rukyatul Hilal Penentuan 1 Ramadan 1445 Hijriah, Wali Kota Pesan Jaga Kerukunan
Daerah

Pantau Rukyatul Hilal Penentuan 1 Ramadan 1445 Hijriah, Wali Kota Pesan Jaga Kerukunan

  • BALIKPAPAN - Pemantauan Rukyatul Hilal dalam rangka Penentuan 1 Ramadhan 1445 Hijiriah, digelar di Menara Masjid Madinatul Iman Balikpapa
Daerah
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pemantauan Rukyatul Hilal dalam rangka Penentuan 1 Ramadhan 1445 Hijiriah, digelar di Menara Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center (BIC) telah di lakukan pada Minggu, 10 Maret 2024.

Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud ikut menghadiri pemantau tersebut. Didampingi, Kepala Kementerian Agama Kota Balikpapan, H. M. Izzat Solihin; Kepala MUI Balikpapan, Habib Mahdar Abu Bakar Al Qadri; Kepala Pengadilan Agama Balikpapan, H. Ahmad Fanani, Tokoh Agama, KH Muhammad Zaelani Mawardi; BMKG dan lainnya

Di Kota Balikpapan, hasil pemantauan masih berada diketinggian 0,33 derajat dan masih dibawah satu derajat. Bahkan, hampir seluruh wilayah Indonesia, hilal saat ini masih dibawah satu derajat, sehingga hilal belum bisa terlihat.

Berdasarkan surat dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama RI, memutuskan pelaksanaan puasa ramadan dilaksakan pada hari Selasa, 12 Maret 2024. 

"Jadi kita puasa Senin 11 Maret 2024 malam sudah tarawih dan sahur," jelas Wali Kota kepada awak media usai pemantauan.

Meskipun demikian, apabila warga Kota Balikpapan ada yang melaksanakan sholat tarawih dan ibadah puasa ramadan, maka dipersilahkan saja.

BACA JUGA:

"Jangan dipermasalahkan. Termasuk juga sholat tarawih, apabila ada yang menjalankan sebanyak delapan rakaat, ada yang 23 rakaat. Silahkan. Yang jadi masalah itu orang yang tidak tarawih," terangnya.

Diharapkan warga kota Balikpapan saling menjaga kerukunan, meskipun pelaksanaan 1 Ramadan dilaksanakan diwaktu yang berbeda, sehingga Balikpapan tetap kondusif. 

"Mari kita manfaatkan momentum bulan ramadhan ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan jangan lupa untuk membayar zakat," jelasnya.

Kepala Kementerian Agama Balikpapan, H. M. Izzat Solihin mengatakan pada hari sore ini telah melaksanakan Rukyatul Hilal dalam rangka Penentuan 1 Ramadhan 1445 Hijiriah. 

"Kita masih menunggu ketetapan keputusan rukyatul hilal dari Menteri Agama RI," ungkapnya.

Sebagai Kepala Kementerian Agama Kota Balikpapan menyampaikan bahwa perbedaan yang terjadi terkait pelaksanaan puasa ramadan untuk tidak menjadi permasalahan. 

"Dengan perbedaan itu, kita tetap saling menghargai dan menghormati. Kalau malam  ini ada yang sholat tarawih, kita hormati bersama-sama," katanya.

Perbedaan pendapat atas penentuan 1 Ramadan, dikarenakan semua itu ada dasarnya masing-masing, dalam menentukan. Ada yang dilakukan secara hisab dan ada yang langsung melihat hilal. 

"Hargai semua pendapat, karena itu ada dasarnya masing-masing," pungkasnya. (*)