Paripurna HUT ke-127 Balikpapan, PJ Bupati Makmur Marbun MoU Sistem Penyediaan Air Minum Regional
Advertorial

Paripurna HUT ke-127 Balikpapan, PJ Bupati Makmur Marbun MoU Sistem Penyediaan Air Minum Regional

  • BALIKPAPAN - Memperingati Hari Jadi Kota Balikpapan yang ke-127, PJ. Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun turut menghadiri sid
Advertorial
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Memperingati Hari Jadi Kota Balikpapan yang ke-127, PJ. Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun turut menghadiri sidang paripurna yang digelar di Ballroom Hotel Tjokro Balikpapan, Kamis 8 Februari 2024. Rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan, Abdulloh.

Dalam paripurna tersebut, Makmur Marbun juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional. Kesepakatan ini melibatkan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dan Kota Samarinda. Proyek ini memiliki fokus utama pada pemanfaatan sumber air baku Sungai Mahakam.

"Penandatanganan ini sebagai langkah bersama dalam membangun sistem penyediaan air minum," kata makmur Marmun usai penandatanganan.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan hari ini ditandatangani kesepakatan bersama antara pemerintah Kota Balikpapan, kabupaten penajam paser utara dan kabupaten kutai kartanegara, untuk bersama-sama membangun sistem penyediaan air minum sungai Mahakam.

BACA JUGA:

"Ini wujud kepedulian kita untuk memperdulikan Balikpapan kedepan. Termasuk penyediaan sarana air, dengan bekerja tiga kabupaten kota. Untuk menjamin air kedepan," terangnya.

Sebagaimana diketahui bahwa kota balikpapan memiliki keterbatasan dalam hal penyediaan air baku, dimana saat ini defisit air baku kota balikpapan mencapai kurang lebih 803 liter/detik.

Diperkirakan akan terus meningkat seiiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk kota balikpapan. Oleh karena itu kota balikpapan berupaya memenuhi kebutuhan air baku melalui beberapa alternatif, salah satunya melalui pemanfaatan air laut. (Adv/Diskominfo PPU)