Rapat Paripurna Istimewa HUT 125 Tahun Kota Balikpapan, Rabu (9/2/2022)
Kabar Ibu Kota

Paripurna Istimewa HUT 125 Tahun, Persiapkan SDM Sambut IKN

  • IBUKOTAKINI.COM – Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan ke 125 tahun jatuh pada 10 Februari 2022. Menjelang HUT, DPRD Kota Balikpapan menggelar Rapat Paripurna Istim
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan ke 125 tahun jatuh pada 10 Februari 2022. Menjelang HUT, DPRD Kota Balikpapan menggelar Rapat Paripurna Istimewa yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Novotel, Rabu (9/2/2022). 

Paripurna Istimewa dilaksanakan secara langsung dan virtual mengingat jumlah tamu yang hadir dibatasi karena saat ini dalam kondisi covid-19. 

Hadir dalam Paripurna Wali Kota Rahmad Mas’ud dan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemkot Balikpapan Muhaimin, beserta kepala Organisasi Perangkat Daerah Kota Balikpapan. 

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh didampingi para Wakil Ketua dan anggota DPRD, serta sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Balikpapan. 

Dalam Rapat Paripurna Wali Kota menyampaikan perjalanan pembangunan Kota Balikpapan dari sejumlah wali kota yang memimpin kota Madinatul Iman. 

Ketua DPRD Abdulloh mengapresiasi yang tinggi terhadap pengabdian yang besar untuk para pemimpin terdahulu terhadap pembangunan kota Balikpapan. 

“Menjadi tugas yang mulia atas pengabdian yang sudah dilaksanakan hingga kini dan akan selalu dikenang sebagai sejarah Kota Balikpapan. Apa yang telah dilakukan untuk kota tidak akan terlupa dari masa ke masa,” ucapnya saat Paripurna Istimewa di Ballroom Novotel Hotel  Balikpapan. 

Di momen HUT Kota ini pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi dalam membangun kota. 

“Tanpa dukungan semua pihak, sebaik apa pun program pembangunan yang direncanakan pemerintah tidak terlaksana dengan baik,” kata Abdulloh. 

Tema HUT Kota tahun ini adalah Balikpapan Gotong Royong Balikpapan Nyaman. Menurutnya, tema ini bukan tanpa makna melainkan untuk mengajak elemen masyarakat untuk bersama bahu-bahu membangun kota Balikpapan demi menuju Kota yang nyaman.

Selain itu, Abdulloh mengatakan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur akan terus didukung. Apalagi Balikpapan menjadi kota yang strategis karena bersebelahan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). 

“Sehingga Balikpapan secara otomatis menjadi kota penyangga. Untuk itu mulai saat ini kompenen masyarakat harus menjadi individu yang berkompoten dan memiliki skill,” ajarnya. 

Ia menambahkan jangan sampai kehadiran IKN di Kaltim, warga Balikpapan hanya sebagai penonton, untuk itu menjadi kota nyaman dihuni merupakan pekerjaan pertama, memang tidak mudah butuh kebijakan-kebijakan yang didukung komponen masyarakat. Di mana gerbang utama Kaltim ada di Balikpapan sehingga peluang besar mensejahterahkan warga dan bersama-sama komitmen untuk mendukung program pemerintah. 

“Kami juga mengingatkan untuk senantiasa menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di kota Balikpapan,” tutupnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Abdulloh menerima penghargaan dari Pemkot Balikpapan sebagai tokoh peduli lingkungan, penghargaan diserahkan langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud seusai rapat paripurna istimewa.