Pastikan kelancaran Arus Logistik, Bea Cukai Balikpapan Kunker ke KKT dan KRN
Bisnis

Pastikan kelancaran Arus Logistik, Bea Cukai Balikpapan Kunker ke KKT dan KRN

  • BALIKPAPAN – Untuk memastikan kelancaran arus logistik dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara. Tim Bea Cukai Balikpapan atau KPPB
Bisnis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Pastikan kelancaran arus logistik dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Tim Bea Cukai Balikpapan atau KPPBC TMP B Balikpapan kunjungan kerja ke PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT) dan PT Kutai Revinery Nusantara (KRN) dalam kegiatan Costums Visit Customers. 

Kunjungan kerja dipimpin langsung Kepala Bea Cukai Balikpapan, Raden Muhamad Agus Ekawidjaja pada Selasa 5 Maret 2024. Kunjungan ini adalah untuk meninjau persiapan pengembangan infrastruktur PT Kaltim Kariangau Terminal dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah pemasukan kontainer terkait pembangunan IKN. 

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menginformasikan mengenai Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor 19/BC/2023 tentang Tata Laksana Kelangsungan Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kepada PT Kutai Refinery Nusantara,” ungkapnya disela kunjungan kerja.

Kunjungan kerja Kepala KPPBC TMP B Balikpapan dan tim disambut baik oleh Direktur Operasi dan Teknik PT Kaltim Kariangau Terminal, Sofyan, dan Manager Supply Chain Management PT Kutai Refinery Nusantara, Hermanto Chen. 

Dalam kesempatan ini, perwakilan KKT dan KRN menyampaikan paparan terkait profil perusahaan, capaian kinerja, dan rencana pengembangan infrastruktur perusahaan yang secara tidak langsung mendukung pembangunan IKN. Kunjungan kerja ini juga menjadi kesempatan untuk mendiskusikan isu-isu strategis perusahaan dan kendala yang dialami terkait kegiatan kepabeanan dan cukai. 

BACA JUGA:

Raden Muhamad Agus Ekawidjaja menyampaikan apresiasi atas capaian prestasi dan rancangan pengembangan infrastruktur yang dapat bermanfaat untuk mendukung kelancaran arus logistik dalam pembangunan IKN. 

“Kami juga menyampaikan beberapa solusi untuk menangani kendala yang dialami perusahaan serta menampung masukan dari perusahaan untuk perbaikan layanan kepabeanan dan cukai,” tuturnya. 

Pada akhir kegiatan, tim Bea Cukai Balikpapan melakukan tinjauan lapangan ke dermaga PT Kutai Refinery Nusantara dan lokasi Tempat Penimbunan Sementara PT Kaltim Kariangau Terminal.

Ia berharap kunjungan kerja dapat memperkuat sinergi dan koordinasi antara Bea Cukai Balikpapan dan PT Kaltim Kariangau Terminal serta PT Kutai Refinery Nusantara dalam bidang kepabeanan dan cukai. 

“Momen ini juga merupakan wujud nyata komitmen Bea Cukai Balikpapan untuk memberikan pelayanan terbaik dengan melakukan penyempurnaan dan perbaikan terus menerus sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi dari pengguna jasa,” pungkas Raden Muhammad Agus. (*)