Pastikan Sehat dan Layak, Pemkot Balikpapan Pantau Pedagang Hewan Kurban
Balikpapan

Pastikan Sehat dan Layak, Pemkot Balikpapan Pantau Pedagang Hewan Kurban

  • DP3 Balikpapan mengimbau kepada masyarakat untuk membeli hewan kurban di tempat yang telah resmi dan memiliki stiker kesehatan hewan kurban.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan terus melakukan pemantauan terhadap pedagang hewan kurban. Hal ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang dijual dalam keadaan sehat dan sudah sesuai dengan ketentuan.

Kepala DP3 Kota Balikpapan, Sri Wahyuningsih, menjelaskan bahwa pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban dan tempat penjualannya. Pemeriksaan ini meliputi kelengkapan izin dari kelurahan dan kesehatan hewan kurban.

"Kami melakukan pemeriksaan, yang bersangkutan sudah mempunyai izin dari kelurahan atau belum. Kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban nya," jelas Sri Wahyuningsih kepada ibukotakini.com pada Jumat 7 Juni 2024.

Hewan kurban yang dinyatakan sehat akan dipasang stiker yang menandakan bahwa hewan tersebut telah diperiksa kesehatannya dan layak untuk diperjualbelikan. 

Stiker ini juga diberikan kepada tempat penjualan hewan kurban, sebagai tanda bahwa tempat tersebut telah memenuhi persyaratan perizinan dan kesehatan.

BACA JUGA:

"Tempat penjualan hewan qurban juga kami beri stiker, yang menyatakan bahwa tempat menjual hewan qurban ini secara perizinan dan kesehatan sudah dilakukan pemeriksaan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir membeli hewan qurban di tempat ini," jelas Yuyun, sapaan akrab Sri Wahyuningsih.

Hingga saat ini, DP3 Balikpapan belum menemukan temuan hewan kurban yang tidak sehat atau tidak memenuhi syarat. DP3 terus bekerja sama dengan para penjual hewan kurban untuk memastikan terpenuhinya syarat-syarat yang telah ditentukan.

"Selama pemeriksaan belum ada temuan," terang Yuyun.

DP3 Balikpapan mengimbau kepada masyarakat untuk membeli hewan kurban di tempat yang telah resmi dan memiliki stiker kesehatan hewan kurban. Masyarakat juga dapat melihat surat edaran Wali Kota Balikpapan yang memuat daftar peternakan yang menjual hewan kurban sehat.

"Kami mengimbau masyarakat untuk membeli hewan qurban yang sehat. Kita juga ada surat edaran wali kota, yang mana dalam lampiran menyebutkan hewan yang dijual di peternakan kami sehat," terangnya.

Pemkot Balikpapan berkomitmen untuk memastikan hewan kurban yang dijual di wilayahnya aman dan berkualitas, sehingga masyarakat dapat berkurban dengan tenang dan nyaman. ***