Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2023 Siap Amankan Nataru di Kaltim
Kabar Ibu Kota

Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2023 Siap Amankan Nataru di Kaltim

  • BALIKPAPAN - Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) menggel
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2023. Apel yang dipimpin langsung Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto, digelar di Lapangan Stalkuda M.Jasin Satrbrimob Polda Kaltim, pada hari Senin 18 Desember 2023.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2023, diikuti personil dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub dan Organisasi terkait lainnya.

Pengamanan Operasi Lilin Tahun 2023 berlangsung selama 12 hari, dimulai dari tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 02 Januari 2024. Polda Kaltim menurunkan 1.905 personil yang didukung personil Polri, TNI, instansi terkait dan mitra Kamtibmas yang tersebar pada 72 pos.

Polda Kaltim mengamankan beberapa titik yakni 911 gereja, 31 mal atau pusat perbelanjaan dan 83 objek wisata yang ada di seluruh Provinsi Kaltim.

Kapolda Kaltim saat memberikan sambutan mengatakan kegiatan ini sebagai sarana memastikan Polda Kaltim dan instansi, terkait dalam mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Mengingat, Perayaan Natal dan Tahun Baru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia termasuk Kaltim, untuk melaksanakan kegiatan ibadah dan berkumpul bersama keluarga. 

BACA JUGA:

Hal tersebut akan meningkatkan mobilisasi yang berpotensi menimbulkan gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Seperti yang disampaikan Kapolri dalam menghadapi Nataru, untuk menjadi perhatian bersama diantaranya, mobilitas masyarakat selama Nataru harus dikelola dengan baik; berikan jaminan keamanan terhadap pelaksanaan ibadah dan perayaan natal dan pelaksanaan kampanye; penyaluran bansos ketersediaan bapokting dan BBM kepada masyarakat, agar berjalan aman dan lancar.

Kapolda Kaltim menekankan dalam mendukung keberhasilan operasi lilin Mahakam 2023, di antaranya jaga stamina dan fisik serta kesehatan mental; lengkapi sarana dan prasaran pada seluruh pos serta pastikan kehadiran polisi pada setiap pos dan kegiatan masyarakat. Serta, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis kedepankan upaya pencegahan dan persuasif kepada masyarakat.

Termasuk, beberapa agenda besar lainnya dapat terus dikawal dan diamankan dengan baik, seperti pengamanan pembangunan Ibu Kota Negara, Pemilihan Umum 2024 Nataru serta PAM Waskita. Kemudian, mantapkan sinergi, kolaborasi dan soliditas seluruh pihak yang terlibat dalam operasi.

Sementara itu, Kabid Humas Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo S.I.K., M.T., mengatakan Polda Kaltim beserta jajaran didukung dengan TNI serta potensi masyarakat lainnya telah siap untuk melaksanakan operasi pengamanan lilin Nataru 2024 di wilayah Provinsi Kaltim.

"Semua titik kita jadikan hal yang penting baik itu tempat wisata, tempat ibadah, sarana transportasi orang untuk melaksanakan kegiatan pergi dan pulang, apakah itu bandara, pelabuhan dan terminal," tutupnya. (***)