Pawai Kirab Hari Santri Nasional 2023, Peserta Bahwa Hasil Bumi pada Minggu, 15 Oktober 2023
Kabar Ibu Kota

Pawai Kirab Hari Santri Nasional 2023, Peserta Bahwa Hasil Bumi

  • IBUKOTAKINI.COM - Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023, Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'u
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud melepas ratusan peserta pawai kirab di depan Balai Kota Balikpapan, pada Minggu 15 Oktober 2023.

Kirab santri ini dimulai pukul 14.00 WITA diikuti berbagai organisasi Islam hingga pondok pesantren di Balikpapan. Dalam pawai kirab, kendaraan dihias yang dipenuhi hasil bumi dan peserta yang mengikuti juga bersholawat.

Dalam pelepasan kirab, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang turut merayakan HSN di Kota Balikpapan.

"Ini menjadi momentum kita untuk mempererat silahturahmi dan syiar agama," kata beliau di depan para tokoh agama dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Balikpapan.

Ia mengatakan kalau dilihat acara ini adalah hal yang biasa, tetapi perayaan ini mempunyai nilai yang luar biasa dalam menghidupkan generasi muda terhadap budaya Indonesia.

BACA JUGA:

"Saya pesan kepada para alim ulama, kiyai dan guru-guru untuk menanamkan kepada anak-anak kita. Insya Allah, akan mencetak generasi Qurani yang membawa bangsa kita ini menjadi lebih baik lagi," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, ia pun menyampaikan bahwa dampak El Nino juga dirasakan oleh Kota Balikpapan. Di mana Balikpapan mengandalkan tadah hujan yang kemudian disalurkan melalui waduk Manggar dan Teritip.

"Pada puncak Hari Santri tanggal 22 Oktober 2023 nanti kita berdoa bersama sebagai ikhtiar kita bersama untuk sholat Istisqa," tutur Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pawai Kirab, Miftakhul Ulum mengatakan pawai kirab santri yang terdaftar sampai saat ini ada 104 kendaraan. Diikuti dari beberapa Ormas, termasuk di luar dari Nahdlatul Ulama (NU).

"Berharap atas ridho Allah SWT, mudah-mudahan kegiatan hari santri ini dari awal hingga akhir nanti bisa berjalan dengan lancar," tambahnya. (*)