Pawai obor di Balikpapan memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah. Foto: sepmitabepis/ Instagram
Kabar Ibu Kota

Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriah di Balikpapan

  •  IBUKOTAKINI.COM - Pawai obor menyambut tahun baru Islam 1444 Hijriah di Kota Balikpapan. Ratusan masyarakat menggelar pawai, mengelilingi jalanan utama Ba
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Pawai obor menyambut tahun baru Islam 1444 Hijriah di Kota Balikpapan. Ratusan masyarakat menggelar pawai, mengelilingi jalanan utama Balikpapan, untuk memperingati 1 Muharram 1444 Hijriah.

Para peserta berangkat dari halaman Masjid At Taqwa Klandasan menuju Mapolresta Balikpapan, dan kembali ke At Taqwa dengan berjalan kaki. Perayaan tahun baru Islam di Balikpapan, digelar pertama kali pasca pandemi Covid-19.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menapresiasi kegiatan pawai obor yang dilaksanakan Jumat, 29 Juli 2022, malam.

“Momentum satu muharram ini harus disikapi dengan baik, agar lebih baik lagi dari pada tahun-tahun sebelumnya, dan kita berdoa mudah-mudahan bangsa kita di tengah pandemi bisa merayakan kegiatan tahun baru Islam tentunya tetap prokes,” ujar Rahmad Mas’ud.

Rahmad mengajak, peserta pawai obor untuk berdoa agar pandemi ini segera berakhir khususnya di Kota Balikpapan, yang mana tahun baru harus kita galakan dan tanamkan pada anak-anak harus tahu tahun baru islam bagi yang muslim, bukan hanya pada saat menyambut 1 Januari.

“Tapi di bulan muharram ini di samping kita melaksanakan pawai obor, dan minta doa kepada Allah SWT, agar senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan dan kota ini lebih baik lagi,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan juga piala kepada peserta pawai obor yang meraih juara dengan membuat replika bedug.

Sementara itu, Ketua Hadrah Al wasilah Telaga Sari, Ali Mubarok mengaku dalam pawai obor ini ada 8 peserta yang ikut untuk kategori dewasa dan berhasil menjadi juara umum.

“Alhamdullilah bisa Juara umum kategori dewasa, kita gak nyangka, karena beberapa tahun lalu juga pernah ikut dan sempat vakum dan baru malam ini bisa ikut kembali dan dapat juara, yang penting kita bisa ikut meriahkan malam tahun baru islam,” ujar Ali.

Adapun pihaknya menampilkan replikasi miniatur bedug yang cukup menarik perhatian para peserta pawai dan renacanya tahun depan sudah menyiapkan minatur masjid untuk ditampilkan pada pawai obor tahun depan.