Pekan Ekonomi Syariah Nusantara 2024 Dorong Pengembangan Industri Halal
Ekbis

Pekan Ekonomi Syariah Nusantara 2024 Dorong Pengembangan Industri Halal

  • PESAN 2024 ini momentum yang tepat untuk memperkuat sinergi antara berbagai pihak untuk membangun ekonomi syariah yang maju dan Tangguh di Indonesia.
Ekbis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menggelar Pekan Ekonomi Syariah Nusantara (PESAN) 2024. Kegiatan tersebut untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melaui sertifikasi halal. 

PESAN 2024 yang berlangsung di Atrium Plaza Balikpapan pada Jumat 7 Juni 2024 ini, dihadiri Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Andi Muhammad Yusri Ramli, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Robi Ariadi, Deputi Direktur Inkubasi Bisnis Syariah Komite Nasional Ekonomi & Keuangan Syariah (KNEKS) dan sejumlah stake holder lainnya. 

Asisten II menyampaikan apresiasi atas upaya Bank Indonesia dalam penguatan ekonomi syariah khususnya di Balikpapan. 

“Harapannya, upaya ini dapat memberikan dampak yang positif bagi UMKM lokal mengingat pangsa penduduk muslim di Indonesia yang mendominasi, sehingga dengan adanya jaminan produk halal maka produk UMKM semakin mudah diterima Masyarakat,” ungkapnya yang hadir mewakili Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud.

Menurutnya, PESAN 2024 ini momentum yang tepat untuk memperkuat sinergi antara berbagai pihak untuk membangun ekonomi syariah yang maju dan Tangguh di Indonesia. 

“Mari kita jadikan PESAN 2024 dalam memperkuat komitmen membangun ekonomi syariah khususnya di Kalimantan Timur dan Kota Balikpapan,” ajaknya.

BACA JUGA:

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan mengatakan hal ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi. Di mana keuangan syariah perlu menunjukkan kontribusi melalui peningkatan sektor sektor unggulan halal value chain. 

“Sektor unggulan halal value chain yang menjadi prioritas pengembangan di antaranya adalah sektor industri makanan halal, sektor industri fashion muslim, dan wakaf produktif sebagai alternatif sumber pembiayaan,” imbuh Robi Riadi.

Pekan Ekonomi Syariah Nusantara 2024 Dorong Pengembangan Industri Halal 

Untuk itu, Bank Indonesia Balikpapan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Balikpapan, organisasi masyarakat dan perbankan syariah menyelenggarakan Pekan Ekonomi Syariah Nusantara untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Balikpapan.

Dalam kegiatan tersebut secara simbolis penyerahan sertifikasi halal kepada UMKM yang telah berhasil memperolehnya. Kemudian juga diserahkan sertifikat kepada juru sembelih setelah dilakukan pelatihan.  

Selanjutnya, Aasisten II Pemkot Balikpapan bersama Kepala BI Balikpapan dan Kementerian Agama serta tamu undangan lainnya mengunjungi stan UMKM yang mempromosikan produknya di atrium. 

PESAN berlangsung selama dua hari mulai 7-8 Juni 2024. Adapun kegiatannya adalah talkshow yang membahas tentang sektor sektor ekonomi halal, lomba syariah seperti dakwah, hadrah rebana serta fasilitasi pembiayaan melalui Perbankan Syariah yang ada di acara. ***