Penyerahan bantuan untuk pekerja kreatif
Komunitas Kita

Pekerja Kreatif Balikpapan Terima Bantuan Kemenprekraf

  • Bantuan berupa lauk siap saji

Komunitas Kita
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Para pekerja kreatif dan pariwisata menjadi salah satu sektor terdampak kebijakan penanganan covid-19. Untuk membantu mereka, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan bantuan paket bahan pokok. Pelaku ekonomi kreatif yang terdampak Covid-19 di berbagai Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia. Kota Balikpapan mendapatkan kuota 434 Paket Bantuan Bahan Pokok dan Lauk Siap Saji (BALASA) ini nantinya akan disalurkan kepada pekerja ekonomi kreatif melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan.?
?
Secara simbolis, BALASA diserahkan oleh Kasubdit Pengembangan Destinasi Regional II Area 3, Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenperekraf, Agus Suprihastono kepada Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Doortje Marpaung. Bantuan tersebut selanjutnya diberikan secara simbolis kepada perwakilan ekonomi kreatif.?
?
Menurut Agus Suprihastono, BALASA ini merupakan bentuk perhatian dan tindakan nyata dari Kemenpar RI yang merasa prihatin dengan terdampaknya para tenaga pariwisata dan ekonomi kreatif akibat pandemi Covid-19. Beliau juga mengungkapkan, terdampaknya para pelaku kreatif dan tenaga pariwisata juga berimbas pada pertumbuhan ekonomi yang mengalami penurunan. Sebagai salah satu kota kreatif diharapkan para pelaku kreatif di Kota Balikpapan dapat tetap berinovasi dan berkreasi dengan memanfaatkan teknologi serta digitalisasi. ?
?
Walaupun bantuan ini tidak bisa memenuhi semua kebutuhan, namun diharapkan bisa sedikit meringankan beban para pelaku ekonomi kreatif. Selain itu bentuk bantuannya tidak sembako seperti yang biasa diberikan, namun berbentuk lauk siap saji yang diambil dari UMKM di Kota Balikpapan, sehingga selain membantu para pelaku kreatif juga membantu UMKM untuk dapat turut bergerak. ?
?
Wali Kota Balikpapa Rizal Effendi memberikan apresiasi dan terima kasih atas pemberian Kemeparekraf ini. Ia mengapresiasi karena Balikpapan terpilih menjadi salah satu dari 10 Kabupaten/Kota di Indonesia yang mendapatkan bantuan BALASA.