Pelaksanaan MTQ ke-44 Kaltim di Balikpapan Berlangsung Sukses 
Kabar Ibu Kota

Pelaksanaan MTQ ke-44 Kaltim di Balikpapan Berlangsung Sukses 

  • IBUKOTAKINI.COM - Setelah satu pekan berlangsung 16-21 Mei 2023, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 44 tingkat Provinsi Kal
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Setelah satu pekan berlangsung 16-21 Mei 2023, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 44 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berjalan sukses dan lancar. 

Hal ini disampaikan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud yang juga Ketua Panitia Penyelenggara MTQ ke-44 Provinsi Kaltim selaku tuan rumah dalam penutupan MTQ di Balikpapan Sport and Convention Center atau Dome Balikpapan, Minggu (21/5/2023) malam. 

Hadir dalam penutupan Wakil Gubernur Provinsi Kaltim, H. Hadi Mulyadi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim, Abdul Khalik, Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas'ud dan sejumlah Kepala Daerah, dan pengurus LPTQ Kaltim. 

Penutupan juga dimeriahkan dengan penampilan Opick penyanyi religi yang dikenal dengan lagu Assamualaikum. Selanjutnya penyerahan hadiah dan piala bergilir MTQ. 

Rahmad Mas'ud mengungkapkan rasa syukurnya bahwa seluruh rangkaian kegiatan MTQ berlangsung lancar dan sukses. 

"Terlihat juga antusiasme penonton kali ini cukup tinggi. Dengan tingginya penonton di venue perlombaan bahkan ada yang melebihi kapasitas kursi yang tersedia," ungkapnya dalam sambutan. 

Suksesnya penyelenggaraan MTQ kali ini menurutnya, berbanding lurus dengan upaya membangun dan meningkatkan kualitas akhlak umat muslim di kalimantan timur, khususnya semakin mencintai Al-Qur’an, lebih rajin membacanya, memahami makna yang terkandung di dalamnya, untuk kemudian dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja dewan hakim, panitia, ofisial, seluruh kafilah dan semua pihak yang terlibat serta berkontribusi terhadap lancarnya pelaksanaan MTQ ini di Kota Balikpapan,” tutur Wali Kota Balikpapan.

Ia menambahkan selaku panitia juga menyadari bahwa penyelenggaraan MTQ kali ini tidak terlepas dari kekurangan dan kekhilafan. 

"Saya atas nama panitia, dengan segala kerendahan hati memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila masih ada kekurangan,” imbuhnya.

Di malam penutupan diumumkan pemenang MTQ ke-44 Provinsi Kaltim. Juara Umum berhasil diraih Kabupaten Kutai Kartanegara dengan nilai 104, disusul posisi kedua Kota Bontang dengan nilai 90, kemudian Kota Samarinda dengan nilai 80 diposisi ketiga, pada posisi keempat diraih Kutai Timur dengan nilai 60, dan Kota Balikpapan berada diposisi kelima dengan nilai 42.

Dalam penutupan MTQ itu, Wakil Gubenur Kaltim, H. Hadi Mulyadi, mengungkapkan bahwa warga Kalimantan Timur khususnya Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Insyaallah tahun depan Tahun 2024 Kalimantan Timur telah ditetapkan oleh Kementerian agama sebagai penyelenggara MTQ Nasional yang ke-30. 

“Atas perintah Presiden dan perintah Menteri Agama dalam rangka mensukseskan Ibukota Negara maka MTQ yang ke-30 2024 diselenggarakan di Kalimantan Timur,” sebutnya.

Mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan selaku Ketua LPTQ Kalimantan Timur dan atas nama pribadi sekali lagi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Balikpapan beserta seluruh masyarakat Kota Balikpapan yang telah mensukseskan MTQ yang ke-44 di Kota Balikpapan.

“Mudah-mudahan Balikpapan sebagaimana semboyan Kota Balikpapan sebagai Kota Beriman MTQ pada hari ini atau pada minggu ini meningkatkan keimanan kita,” ungkap Hadi Mulyadi.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kaltim, Abdul Khalik.  “Terima kasih atas dukungan dan kerja sama semua pihak pelaksanaan MTQ sejak 14 sampai dengan 21 Mei 2023 berjalan dengan tertib dan lancar semoga gema MTQ di Kota Balikpapan memberi pengaruh dan sentuhan syiar dakwah yang berkesan pada seluruh lapisan masyarakat,” tukas dia. ###