Pelantikan 45 Anggota DPRD Balikpapan Periode 2024-2029 Digelar, Satu Anggota Pingsan
Balikpapan

Pelantikan 45 Anggota DPRD Balikpapan Digelar, Satu Anggota Pingsan

  • Pelantikan ini menandai dimulainya masa jabatan baru bagi para wakil rakyat yang akan mengemban amanah untuk periode mendatang.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan terpilih resmi dilantik hari ini dalam sebuah acara peresmian pengangkatan anggota DPRD Balikpapan periode 2024 - 2029 yang berlangsung di Gedung Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) pada Senin 26 Agustus 2024. 

Pelantikan ini menandai dimulainya masa jabatan baru bagi para wakil rakyat yang akan mengemban amanah untuk periode mendatang. 

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh. 

Dari total 45 anggota yang dilantik, 26 di antaranya merupakan anggota DPRD petahana yang kembali terpilih, sementara sisanya adalah wajah-wajah baru yang berhasil meraih dukungan masyarakat pada pemilihan legislatif. 
BACA JUGA:

Namun, prosesi pengambilan sumpah jabatan yang seharusnya berjalan lancar sempat terganggu oleh insiden tak terduga. 

Salah satu anggota DPRD dari Partai Gerindra, Rahmatia, tiba-tiba pingsan saat prosesi pengambilan sumpah sedang berlangsung. Akibat insiden ini, pengambilan sumpah hanya dilakukan untuk 44 anggota DPRD lainnya. 

Setelah mendapat perawatan medis, Rahmatia akhirnya dapat melanjutkan prosesi dan mengucapkan sumpah janjinya mendekati akhir acara. 

Pelantikan ini juga sekaligus mengangkat Alwi Al Qodri sebagai Ketua DPRD sementara dan Yusdiana sebagai Wakil Ketua sementara. Keduanya akan memimpin sementara hingga DPRD menetapkan pimpinan definitif dalam waktu dekat.

Wali Kota Rahmad Mas'ud dalam hal ini menyampaikan sambutan Menteri Dalam Negeri. 

Ia pun menyampaikan harapannya agar para anggota DPRD yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik, bekerja sama dengan eksekutif, dan mengutamakan kepentingan masyarakat Balikpapan. 

"Saya berharap sinergi antara legislatif dan eksekutif dapat terus terjaga untuk kemajuan kota kita tercinta," ujarnya. ***