Dispora Kukar gelar latihan Gada Pratama
Kabar Ibu Kota

Pelatihan Gada Pratama Tumbuhkan Disiplin

  • IBUKOTAKINI.COM - Pelatihan Gada Pratama 2023 digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara selama dua pekan hari.
Kabar Ibu Kota
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara menggelar Pelatihan Gada Pratama, berkaloborasi dengan PT Noreen Surya Perdana dan Polda Kalimantan Timur (Kaltim). 

Pelatihan Gada Pratama  di Stadion Aji Imbut Tenggarong, diikuti 62 peserta yang berasal dari Kecamatan Kukar. Kegiatan tersebut telah berlangsung dari tanggal 18-30 Oktober 2023.

Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni, mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari program Pembinaan dan Pelatihan (Binlat) TNI dan Polri, untuk melanjutlan jenjang karir pemuda yang belum beruntung lolos ke tes TNI dan Polri.

"Palatihan Gada Pratama, merupakan kegiatan lanjutan dari program Binlat TNI dan Polri, kegiatan ini kami adakan untuk pemuda-pemuda kita yang belum bisa lolos di seleksi TNI dan Polri," ucap Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni saat bertemu dengan warta pada, Jumat, 20 Oktober 2023.

BACA JUGA:

Ia juga mengatakan, kegiatan pelatihan Gada Pratama ini, untuk para pemuda agar mendapatkan wadah untuk membentuk dan mengembangkan potensi mereka dalam mencari pekerjaan baru.

Lanjutnya, pemuda yang mengikuti kegiatan ini sangat memiliki semangat militer yang tinggi, memiliki tubuh atletis dan rata-rata semua disiplin.

"Kegiatan ini (Gada Pratama) sengaja kami lakukan, karena para peserta mempunyai semangat militer yang tinggi, badannya bagus, dan mereka juga disiplin," jelasnya.

Maka dari itu, peluang seperti ini harus kita tangkap, guna menciptakan tenaga kerja dengan menjadi seorang keamanan yang baik, terlatih dan disiplin. Ini merupakan program Bupati Kukar dengan dedikasi Kukar Siap Kerja.

BACA JUGA:

"Kami berharap dengan ada kegiatan ini mereka dapat bekerja di sektor Sipil dengan menjadi Satpam," ungkapnya.

Selain dari itu, Aji mengatakan, dengan menindak lanjuti kegiatan yang telah dilaksanakan Dispora Kukar, pihaknya akan melakukan kerja sama, kepada BUMD dan BUMN Kukar.

"Dari Kami, akan melakukan kerja sama,  dengan berdiskusi kepada pihak BUMD dan BUMN Kukar, untuk menanyakan apakah ada penyediyaan ketenaga kerjaan satpam. Mereka harus memprioritaskan yang diprogramkan oleh pemerintah," tegasnya.

Terakhir Kepala Dispora itu berharap, semoga program Gada Pratama ini akan terus berlangsung dari masa ke masa yang akan datang. Untuk peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan Gada Pratama tetap semangat dan siap untuk bekerja.

"Tahun depan Insyaallah, program ini akan terus berkelanjutan, Harapan buat peserta mereka dapat mencari pekerjaan secara mandiri, dan mereka harus siap untuk bekerja," pungkasnya. (adv)